Intensitas Hujan Tinggi, Kondisi Ruas Jalan Ella Hilir Makin Parah

oleh -54 views
Salah satu titik kondisi jalan rusak berlubang dan berlumpur di ruas jalan Nanga Pinoh - Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Intensitas hujan tinggi yang masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Melawi, menyebabkan beberapa ruas jalan utama di daerah itu semakin parah.

Seperti ruasĀ jalan utama memasuki Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung mulai dari Simpang Tahlud, kondisi badan jalan di sejumlah titik semakin parah, berlubang dan berlumpur.

Yosef, salah seorang sopir pengangkut barang sembako ke wilayah Kecamatan Ella Hilir menyampaikan, bahwa akibat curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan akses jalan semakin parah kerusakannya.

“Bukan saja licin karena aspalnya sudah hilang, tapi juga semakin banyak lubang besar disertai lumpur yang bisa membahayakan pengguna jalan. Pengendara harus ekstra hati-hati melalui jalur tersebut,” kata Yosef, Minggu (31/1).

Dia mengatakan, kondisi badan jalan yang rusak sangat mengancam keselamatan para pengguna jalan, baik roda empat maupun roda dua. Selain itu membuat sejumlah kendaraan kerap amblas di jalan rusak belubang dan berlumpur.

Menurut Yosef, selain jalan terus di guyur hujan akhir-akhir ini, badan jalan ini pun di duga tak kuat menahan tonase yang berlebihan, yang dibawa para truk-truk pengangkut barang berat.

Dikatakan, walaupun ruas jalan ini sering diperbaiki dengan penimbunan tanah kuning dan tanah merah, tak membuat kondisi jalan semakin baik, namun, semakin parah dan licin.

Ia berharap, kiranya Pemerintah setempat dapat segera menangani kerusakan yang ada dengan melakukan pengaspalan atau penimbunan material pasir dan batu, agar kondisi jalan menjadi tahan lama.