Kemendagri Apresiasi Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Melawi

oleh -9 views
Sekda Melawi Paulus bersama rombongan meninjau pelaksanaan Pilkades di Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pilkades Serentak di 111 Desa Se-kabupaten Melawi mendapat pemantauan langsung dari tim Kemendagri. Pilkades yang digelar pada Selasa (22/12) berjalan aman.

Di hari pemungutan suara, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalbar turun langsung mengecek TPS penyelenggara Pilkades di empat desa bersama Sekda Melawi, serta Kapolres Melawi dan Lo Kodim 1205 Sintang.

Sekda Melawi, Paulus disela-sela pengecekan TPS mengungkapkan hingga Selasa siang, pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar.

“Berdasarkan TPS yang dikunjungi berjalan baik, lancar dan aman. Partisipasi masyarakat memang masih tergolong rendah. Tapi ini memang masih awal, semoga nanti sampai pukul 13.00 semuanya baik,” katanya.

Paulus juga menilai penerapan protokol kesehatan sudah berjalan baik. Petugas TPS seluruhnya menggunakan masker dan juga menyiapkan tempat mencuci tangan dengan sabun. Begitu juga pemilih yang akan mencoblos dilakukan pemeriksaan suhu badan.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala dan tidak menjadi persoalan dikemudian hari,” harapnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala DPMD Provinsi Kalbar, Ahmad Salafuddin mengatakan dalam Pilkades di Kalbar, pada 2020 khususnya di era pandemi Covid-19 ada dua kabupaten yang menyelenggarakan, yakni Sanggau dengan total 72 desa pada 19 Desember lalu serta Melawi sebanyak 111 desa.

“Pelaksanaan Pilkades dilakukan dengan pengawalan-pengawalan termasuk oleh tim dari Kemendagri serta DPMD Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Salafuddin pun mengapresiasi pelaksanaan Pilkades yang mengacu pada ketentuan Permendagri nomor 72 tahun 2020 tentang Pilkades di era pandemi. Dimana penerapan protokol kesehatan dijalankan secara ketat dan konsekuen.

“Harapannya dari Pilkades dapat terpilih kepala desa yang nantinya akan mengawal pembangunan sebaik-baiknya,” tuturnya.