Jelang Pilkades, DPMD Distribusikan Logistik

oleh -1 views
DPMD Kabupaten Melawi disaksikan aparat TNI dan Polisi memusnahkan Surat Suara yang rusak, selanjutnya DPMD mendistribusikan logistik

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Jelang Pilkades Serentak di Kabupaten Melawi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi mulai mendistribusikan logistik ke kecamatan, Jumat (18/12).

Kepala DPMD Melawi, Hasanuddin menerangkan pada hari pertama tersebut, distribusi logistik Pilkades diberangkatkan menuju empat kecamatan.

“Rencana awalnya ada lima kecamatan. Tapi kemudian disepakati empat dulu yakni Sayan, Tanah Pinoh, Sokan dan Tanah Pinoh Barat,” ujarnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Pinoh Selatan, lanjut Hasan, akan didistribusikan pada Minggu (20/12) bersama kecamatan lainnya seperti Pinoh Utara, Belimbing dan Belimbing Hulu. Logistik tersebut, lanjutnya akan di simpan di kantor kecamatan atau Polsek, sesuai dengan kesepakatan bersama panitia Pilkades.

“Nanti dari desa baru ambil ke kecamatan atau Polsek. Hanya untuk desa-desa di Nanga Pinoh yang ambil langsung ke kantor DPMD,” jelasnya.

Pendistribusian logistik Pilkades, kata Hasan dikawal polisi, TNI dan Satpol-PP. Logistik Pilkades yang didistribusikan berupa surat suara, serta perlengkapan pendukung untuk proses pemungutan suara.

“Kotak suara dan bilik termasuk perlengkapan protokol sudah di desa. Untuk APD dan perlengkapan Prokes dianggarkan dari dana desa,” ujarnya.

DPMD juga memusnahkan kurang lebih 800 lembar surat suara. Hasan menerangkan surat suara yang dimusnahkan dengan cara dibakar ini merupakan surat suara untuk wilayah Desa Merpak, Kecamatan Pinoh Utara.

“Kami musnahkan karena ada kesalahan percetakan surat suara. Ada nomor urut calon kades yang tertukar. Jadi kami cetak ulang lagi sesuai dengan jumlah pemilih di desa tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Melawi, Paulus yang ikut melepas distribusi logistik berharap pelaksanan Pilkades Serentak di 111 desa bisa berjalan aman dan lancar serta seluruh aturan terkait hal tersebut dapat dijalankan dengan sebenar-benarnya.

“Yang utama mematuhi protokol kesehatan. Dan pendistribusian logistik dimulai hari ini. Harapannya kita logistik bisa sampai ke seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades tanpa kekurangan sesuatu apapun,” katanya.

Paulus mengatakan harapan semua masyarakat tentunya Pilkades bisa berlangsung baik dan lancar seperti halnya Pilkada yang berjalan dengan aman dan lancar.

“Apapun hasil Pilkades harus dihormati karena itu adalah pilihan rakyat. Sehingga harus dilaksanakan dengan baik,” katanya