Kerusakan Fisik Terus Menggorogoti Jembatan Kayu di Kenual

oleh -38 views
Warga berharap kepada pemerintah daerah dan pemerintah desa setempat ada upaya memperbaiki jembatan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kerusakan fisik terus menggerogoti jembatan kayu di Dusun Nusa Indah, Desa Kenual, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi.

Pantauan di lokasi, Minggu (13/1), kondisi lantai kayu jembatan tersebut banyak yang telah rapuh dan membusuk. Bahkan di beberapa tempat, lantai runtuh dan menyisakan lubang menganga.

Sebelumnya, warga disana secara swadaya seadanya mengganti tambal sulam kayu yang rapuh, namun hingga kini belum ada terlihat upaya pemerintah daerah dan pemerintah desa setempat untuk memperbaiki secara permanen.

Menurut penuturan warga sekitar, kerusakan jembatan tersebut memang telah berlangsung lama.

“Dampaknya hingga kini tak juga diperbaiki, menyebabkan terganggunya lalu lintas, dan bisa menyebabkan kecelakaan, ujar Halim Alim, Minggu (13/12).

Ia berharap, pemerintah daerah atau pemerintah desa setempat segera memperbaiki jembatan tersebut. Pasalnya, kondisinya makin parah dan membahayakan.

“Kondisi lantai jembatan kian memprihatinkan. Jangankan roda empat melintas, roda dua dan pejalan kaki was-was melalui jembatan itu. Jembatan ini merupakan akses yang tiap hari digunakan,” kata Alim.

Dia mengungkapkan, jika kondisi kerusakan jembatan tersebut tidak mendapatkan perhatian yang serius, lama-kelamaan lantai pasti ambruk, lantaran wujudnya bukan kayu ulin.

“Masyarakat berharap, jembatan segera diperbaiki permanen, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.