Jaga Ketahanan Pangan, Pjs Bupati Melawi Hadiri Panen Padi Sawah Saat Pandemi Covid-19

oleh

MELAWINEWS.COM, BELIMBING – Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama melakukan panen padi kelompok tani usaha tani di Desa Guhung, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Selasa (3/11/2020). Panen tersebut adalah panen ketiga kalinya dalam musim tanam tahun 2020.

Program ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Melawi dalam meningkatkan ketahanan pangan guna mengantisipasi kelangkaan dan kekurangan stock pangan di daerah, terutama beras.

Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama yang didampingi Kapolres Melawi, Kepala Dinas Pertanian, LO Kodim Sintang, dan Camat Belimbing menyampaikan bahwa, panen padi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan beras di daerah.

“Saya sangat senang sekali bisa hadir dalam panen padi kali ini, dan sangat mengapresiasi kerja keras kelompok tani yang telah meningkatkan produksi beras mencapai 5 ton per hektare, sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan di daerah,” ujar dia.

Menurut dia, Desa Guhung memiliki luas lahan sawah mencapai 30 hektare, di mana terdiri dari 2 kelompok tani aktif, yaitu kelompok tani usaha tani dan kelompok tani sumber rezeki, yang setiap tahunnya mampu melakukan 3 kali panen dan sudah optimal dalam siklus tanam yang dianjurkan Kementerian Pertanian.

Linda berharap, para petani dapat meningkatkan lahan pertanian sehingga produktivitas produksi juga meningkat. “Produksi padi di desa Guhung menjadi andalan di Kabupaten Melawi dengan rata-rata produksi padi per tahunnya 4,6 ton dan menjadi yang tertinggi di Kecamatan Belimbing, semoga tahun depan dapat menghasilkan rata-rata produksi padi tertinggi se-Kabupaten Melawi,” harap dia.

Selain itu, Linda juga meminta para petani untuk melakukan diversifikasi pertanian dengan menanam tanaman lainnya seperti jagung, cabai, bawang, kacangan-kacangan, dan apabila memungkinkan untuk melakukan inovasi dengan memelihara ikan, termasuk melakukan penanaman bunga yang bisa menjadi destinasi wisata di desa Guhung.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Melawi, Oslan Junaidi. Menurut dia, pada masa pandemi seperti saat ini diperlukan diversifikasi pertanian selain padi, ubi, dan jagung untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah.

“Saya mengimbau kepada kelompok tani untuk melakukan diversifikasi pertanian, meningkatkan kerja sama antar kelompok tani, dan selalu bersinergi dengan dinas pertanian, TNI dan Polri, maupun camat,” jelas dia.

Sementara itu, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto yang turut hadir pada kesempatan tersebut juga mengapresiasi kelompok pertanian yang telah meningkatkan ketahanan pangan baik untuk keluarga maupun masyarakat, serta mengingatkan masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan, dan mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang. “Polri siap menjamin keamanan, semoga Pilkada di Kabupaten Melawi dapat terlaksana dengan sukses dan aman,” ungkap dia.

Camat Belimbing, Abidin juga menyampaikan terima kasih kepada Pjs. Bupati Melawi yang bersedia hadir pada kegiatan panen tersebut. Abidin sangat senang atas kunjungan Pjs. Bupati Melawi yang bisa memberikan motivasi dan semangat khususnya kepada kelompok tani di desa Guhung. “Keberhasilan ini merupakan berkat kerja keras para petani, serta dukungan dari Dinas Pertanian, termasuk dari TNI dan Polri,” ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peluncuran beras merek Guhung dari kelompok tani Desa Guhung, Kabupaten Melawi oleh Pjs. Bupati Melawi. “Mari kita konsumsi beras merk Guhung, semoga kedepannya lahannya bisa diperluas sehingga hasil produksi bisa meningkat dan kesejahteraan keluarga juga meningkat,” harap dia.

Pjs. Bupati Melawi juga menyerahkan bantuan berupa pupuk, bibit, dan pestisida dari Kementerian Pertanian dan DWP Dinas Pertanian Kabupaten Melawi. (Humas)