Tekan Penyebaran Corona, Dinkes Imbau Warga Dirumah Saja Saat Libur Panjang

oleh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengisi libur panjang mulai dari 28 Oktober hingga 1 November 2020 di rumah saja bersama keluarga, guna menekan penyebaran Covid-19. 

Menurut Ahmad, umumnya saat mengisi liburan, sebagian masyarakat akan menghabiskan waktu dengan berwisata. Namun, yang perlu dicermati, hingga kini khususnya di daerah Kabupaten Melawi penyebaran virus Covid-19 masih masif.

Oleh karen itu, Ahmad mengimbau kepada masyarakat, sebaiknya tak memanfaatkan libur panjang dengan bepergian ke luar kota atau ke tempat kerumunan orang, seperti tempat-tempat wisata.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan ini, kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan momen libur panjang dengan berwisata hingga ke luar kota, terlebih ke daerah zona merah terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Ahmad Jawahir, Rabu (28/10).

Ia menyarankan warga untuk memanfaatkan waktu liburan dengan berkumpul bersama 
keluarga di rumah saja. Atau, bisa juga mencari tempat hiburan di sekitar rumah, namun tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Menurutnya, dengan tidak bepergian dan melakukan perjalanan di tengah penambahan kasus terkonfirmasi saat menjalani libur panjang, masyarakat dapat membantu pemerintah untuk menekan angka positif Covid-19. 

Lebih lanjut, ia menambahkan, mengurangi aktivitas di luar rumah akan menekan potensi penyebaran Covid-19. “Dengan tidak banyak keluar rumah, maka akan terhindar dari Covid-19,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Dinkes Melawi, beberapa hari terakhir telah ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 17 kasus di Kabupaten Melawi.