Rangka Jembatan Gantung Roboh Belum Dievakuasi, Aktivitas Warga Terganggu

oleh
Material tersisa jembatan gantung yang putus di Desa Lokajaya Kecamatan Tanah Pinoh

MELAWINEWS.COM, TANAH PINOH – Satu jembatan gantung di Desa Loka Jaya, Kecamatan Tanah Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat, roboh setelah terseret banjir, Senin (13/9) malam.

Mahyudin, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan Tanah Pinoh mengatakan, hingga kini pengerahan untuk evakuasi rangka jembatan gantung yang melintang di sungai dan darat belum ada dari pemerintah daerah maupun pemerintah desa setempat.

“Rangka jembatan yang masih dibiarkan melintang di sungai dan darat. Akibatnya, arus lalu lintas dari sungai terganggu yang bisa menimbulkan kecelakaan bagi warga yang melintasi sungai itu,” kata Mahyudin, Rabu (16/9).

Ia mengatakan, peristiwa roboh jembatan gantung ini juga menimpa satu unit rumah warga disebelah jembatan dengan kondisi rusak parah, namun tidak ada korban jiwa.

“Hanya sampai hari ini belum ada yang bertanggung jawab atas tragedi tersebut, baik masyarakat sekitar maupun pemerintah daerah maupun pemerintah desa setempat, sehingga jembatan tersebut masih bergantungan disungai,” ujarnya.

Ia khawatir, jika puing jembatan tidak segera di evakuasi akan bisa menimbulkan korban jiwa dan menghambat transportasi air bagi masyarakat sekitar.

Ia berharap, kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait maupun pemerintah desa setempat atau pihak-pihak terkait lainnya segera bertindak mengevakuasi rangka jembatan tersebut untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.