70 Rumah di Landau Tubun Terdampak Banjir Bandang

oleh -14 views

MELAWINEWS.COM, PINOH SELATAN – Banjir bandang yang terjadi di Desa Landau Tubun, Kecamatan Pinoh Selatan, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), membuat rumah warga yang berada di dua dusun di lokasi tersebut terendam, Sabtu (15/8/2020).

Dua dusun yang terdampak bencana banjir bandang akibat luapan air Sungai Mangat tersebut, yakni di Dusun Kemayau Raya dan Dusun Gala.

Tak hanya rumah warga, sejumlah areal perkebunan dan persawahan juga terendam banjir serta hewan ternak warga banyak yang mati dan terbawa arus banjir.

Kapolsek Nanga Pinoh, Iptu Hariyanto, mengatakan, dari hasil pengecekan pihaknya dilapangan, Sabtu (15/8/2020), ada 70 unit rumah warga terandam banjir. Sedangkan korban jiwa tidak ada.

“Untuk korban jiwa tidak ada, sebagian warga hanya mengalami kerugian harta benda akibat rumahnya terendam banjir bercampur lumpur,” kata Kapolsek, Minggu (16/8/2020).

Ia mengungkapkan, peristiwa banjir bandang yang terjadi mengenangi rumah warga sejak pagi hingga siang kemarin itu membawa material lumpur.

Kapolsek menuturkan, bahwa pihaknya juga sudah memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir berupa beras 420 kg dan 30 dus mi instan.

“Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perangkat Desa Landau Tubun, Sabtu (15/8/2020),” pungkas Kapolsek.

Diketahui, selain banjir bandang di Kecamatan Pinoh Selatan, juga terjadi di Kecamatan Belimbing kawasan Desa Nusa Kenyikap yang merendam rumah warga dan fasilitas umum serta di Kecamatan Belimbing Hulu di Desa Piawas.