Banjir Kembali Landa Nusa Kenyikap, Puluhan Rumah Terendam

oleh
Banjir yang kembali melanda Nusa Kenyikap

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Hujan deras pada Sabtu (15/8) dini hari berdampak luas pada sejumlah wilayah di Melawi. Salah satunya Desa Nusa Kenyikap Kecamatan Belimbing yang kembali dilanda banjir.

Banjir dengan ketinggian kurang lebih dua meter membuat sejumlah pemukiman dan sekolah terendam air. Warga setempat, Ejang menerangkan air mulai naik sekitar pukul 05.00 WIB.

“Daerah bawah yang terkena banjir. Banyak rumah yang terendam,” ujarnya.

Nusa Kenyikap sendiri pada akhir tahun 2019 lalu juga sempat dilanda banjir bandang. Air yang datang tiba-tiba saat itu membuat banyak warga tak sempat menyelamatkan harta bendanya. Jelang hari kemerdekaan tahun ini, banjir kembali terjadi setelah sungai yang dekat pemukiman kembali meluap karena hujan yang turun begitu deras pada Sabtu dini hari.

Sementara itu, BPBD Melawi menurunkan tim untuk mengecek banjir yang terjadi di sejumlah desa di Melawi, termasuk Nusa Kenyikap.

Kepala BPBD, Syafarudin mengungkapkan hingga saat ini baru dua desa yang diketahui dilanda banjir yakni Nusa Kenyikap dan Landau Tubun di Kecamatan Pinoh Selatan.

“Kita masih mengecek di lapangan berapa rumah yang terdampak. Di Desa Nusa Kenyikap banjir diakibatkan meluapnya sungai Menunuk,” katanya.

Terkait bantuan, pihaknya juga melihat ketersediaan stok makanan di gudang.

Dari informasi yang didapat Melawinews, Desa Landau Garong, Kecamatan Pinoh Selatan dilaporkan tergenang banjir akibat meluapnya sungai Mangat. Terbaru, wilayah Desa Piawas, Belimbing Hulu juga terdampak banjir.