Tanah Longsor Putus Akses Jalan Koridor PT Erna Djuliawaty

oleh
Badan jalan koridor PT Erna Djuliawaty mengaami longsor, akses putus sementara

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah warga Melawi sempat dihebohkan dengan informasi terkait badan jalan yang longsor di ruas Pinoh-Sayan, Selasa (14/7). Informasi simpang siur inipun ternyata tak akurat, mengingat lokasinya bukan di Ruas Jalan Provinsi, namun pada koridor jalan perusahaan milik PT Erna Djuliawaty.

Dalam berbagai postingan yang beredar di Facebook hingga WhatsApp, ruas longsor ini disebut berada di wilayah Desa Bayur Raya, Kecamatan Pinoh Selatan atau dekat dengan Bukit Lintang. Informasi ini kemudian dibantah seorang warga Manggala, Sukardi yang memantau langsung dari Manggala hingga Desa Pintas.

“Tak ada longsor di Bemban (wilayah Desa Bayur Raya). Informasi ini hoax,” katanya melalui akun facebooknya.

BPBD pun langsung mengecek informasi tersebut. Bahkan Pj Sekda Melawi, Linda Purnama ikut turun langsung untuk memastikan kebenaran soal ruas jalan yang longsor.

Kasubid Rehabilitasi pada BPBD Melawi, Budiman menegaskan ruas yang longsor bukan di jalan Provinsi Pinoh-Sayan. Namun berada di ruas jalan perusahaan koridor PT Erna.

“Kami bertemu dengan warga yang baru tiba dari Sayan. Tidak ada sama sekali ruas jalan yang longsor,” katanya.

Budiman juga mendapat informasi adanya longsor di ruas km 42 jalan Erna. Setelah ada warga yang baru datang dari wilayah tersebut juga memastikan memang yang mengalami longsor adalah badan jalan milik perusahaan HPH tersebut

“Karena jalan perusahaan, Pemda tidak bisa melakukan perbaikan di ruas tersebut. Informasinya dari PT Erna sudah menurunkan alat berat untuk memperbaiki titik yang longsor,” katanya.