Melawi Tambah Satu Kasus Positif Covid-19 Baru dari Klaster Temboro

oleh
dr Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM, Melawi – Sempat kosong dalam beberapa hari pasca pengumuman sembilan warga yang sembuh, Kabupaten Melawi kembali mendapat tambahan satu kasus konfirmasi positif Covid-19 baru, Kamis (9/7) siang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Melawi, Ahmad Jawahir menerangkan informasi tambahan kasus positif Covid-19 baru diterima dari Dinkes Provinsi Kalbar.

“Yang bersangkutan kebetulan merupakan santri dari Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang kebetulan akan pulang kembali ke Temboro dari Melawi,” katanya.

Ahmad memaparkan warga positif berusia 22 tahun ini berdomisili di Desa Paal, Nanga Pinoh. Sebelumnya yang bersangkutan melakukan pemeriksaan rapid tes yang menjadi persyaratan untuk bisa berangkat kembali ke Temboro. Namun ternyata hasil rapid tesnya reaktif.

“Kemudian dilakukan swab pada yang bersangkutan dan hasil PCR nya diumumkan positif,” katanya.

Saat ini, Tim Gugus Tugas, terang Ahmad Jawahir akan menjemput santri tersebut ke Posko Kenual untuk dilakukan karantina dengan fasilitas khusus. Pihaknya juga akan melakukan tracing terhadap orang yang dianggap kontak erat dengan yang bersangkutan.

“Kita masih menunggu hasil swab empat orang lainnya yang kebetulan hasil rapid tesnya reaktif bersama dengan warga klaster Temboro ini,” katanya.

Sementara, kata Ahmad, untuk 52 orang yang telah menjalani swab pada pekan lalu, hasil real-time PCR nya menunjukkan hasil negatif.