New Normal, Kusmas Harapkan Proyek APBD Melawi Segera Dimulai

oleh
Ketua HIPMI Melawi, Kusmas Hadi Saputra

MELAWINEWS.COM, Melawi – Pandemic Covid-19 membuat perhatian pemerintah pusat dan daerah terfokus penanganan wabah ini. Sementara, ada aktivitas lain yang tetap harus berjalan seperti pembangunan dan juga kembali berputarnya roda ekonomi masyarakat.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Melawi, Kusmas Hadi Saputra menilai, fokus penanganan terhadap Covid-19 tentunya tetap menjadi yang utama di masa ini. Namun, disisi lain, pembangunan infrastruktur juga masih dibutuhkan oleh masyarakat.

“Karena masyarakat mau tak mau akan kembali menjalani aktivitas rutin seperti biasa. Apalagi sejak presiden mencanangkan new normal, dimana kita kembali menjalankan aktivitas sehari-hari dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Kusmas pun menilai, Pemkab Melawi mesti memperhatikan berbagai program dan kegiatan yang telah direncanakan dalam APBD 2020. Bila memang seluruh tahapan refocusing dan realokasi anggaran memang telah selesai, diharapkan Pemkab bisa mulai mempersiapkan pelaksanaan proyek fisik maupun non fisik yang masih menjadi prioritas pada tahun ini.

“Kita harapkan bila memang sudah tidak ada masalah atau kendala dalam APBD Melawi, SKPD yang menangani kegiatan fisik atau non fisik bisa segera melakukan eksekusi,” katanya.

Dikatakan Kusmas, bila kegiatan proyek tersebut berjalan, maka setidaknya perputaran uang akan terjadi. Daya beli masyarakat juga diharapkan ikut terbantu. Ekonomi diharapkan bisa kembali membaik.

“Adanya kegiatan juga bisa membantu masyarakat yang bekerja di sektor tersebut. Dan tentunya pemerintah telah menentukan mana kegiatan yang tetap menjadi prioritas dan mana yang terpaksa ditunda karena harus dipangkas demi penanganan Covid-19,” katanya.