Perkuat Layanan, Dinkes Distribusikan APD ke Puskemas Ella dan Menukung

oleh
Penyerahan bantuan APD oleh Kadinkes ke Puskesmas Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kepala Dinas Kesehatan, Ahmad Jawahir mengunjungi dua puskesmas di Ella Hilir dan Menukung, Kamis (14/5). Bersama Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, Kadinkes memantau langsung pelayanan di kedua Puskesmas tersebut sekaligus mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD).

Sejumlah APD yang didistribusikan mulai dari handscoon, masker, baju hazmat, sepatu bot dan alkohol 70 persen. APD ini,jelas Ahmad Jawahir untuk memberikan perlindungan bagi petugas kesehatan yang ada di garda terdepan.

“Dengan pandemi Covid-19 diperlukan dukungan bagi tenaga kesehatan kita yang setiap saat berhadapan dengan potensi penularan wabah virus Corona,” ujarnya.

Ahmad Jawahir, menerangkan Dinkes menyalurkan APD dari rumah sakit, puskesmas hingga posko pemantauan Covid-19. Secara bertahap APD akan diadakan dan didistribusikan untuk melindungi petugas yang memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Selain itu,dalam kunjungannya, Ahmad Jawahir melihat pelayanan puskesmas ditengah wabah Covid-19. Khusus Puskemas Ella Hilir, saat ini sudah menempati bangunan baru yang berada diruas Pinoh-Ella.

“Kita juga memberikan penjelasan pada seluruh petugas kesehatan di puskesmas terkait protokol penanganan Covid-19. Karena saat ini Puskemas juga kedepan harus siap bila menangani pasien positif Covid-19,” jelasnya.

Kepala Puskesmas Ella Hilir, Laumida Sukmawati menuturkan, bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap berjalan normal dan lancar.

Namun diakuinya memang agak sedikit memperketat prosedur dalam pemeriksaan pasien yang berobat. Dimana untuk pasien, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan epidemiologi, bahkan hingga rapid tes.

Sedangkan terkait ketersedian Rapid tes saat ini, pihakPuskesmas Ella Hilir mengaku masih cukup.

“Kita masih ada sebanyak 2 bok. dimana tiap boknya berisi 25 buah rapid. Kemarin kita juga sudah melakukan rapid tes massal berjumlah 23 orang. Alhamdulilah, untuk tiga orang warga Ella Hilir yang pernah dinyatakan Reaktif , untuk hasil Swabnya Negatif,” bebernya.

Begitu pula dengan dukungan APD, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, khususnya Pemkab Melawi serta semua pihak, yang terus mensuport bagi tenaga tenaga kesehatan.

Puskemas Ella Hilir pun sudah menempati gedung baru sejak pertengahan Maret 2020. Hanya karena ditengah wabah, belum dilakukan peresmian pada gedung senilai belasan miliar ini.