Naik Tajam, 37 Orang Reaktif Rapid Tes di Melawi

oleh
dr Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM, Melawi – Jumlah orang yang reaktif hasil rapid tes Covid-19 terus bertambah di Melawi. Dinas Kesehatan melansir data terbaru dimana ada 37 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dinyatakan reaktif. Jumlah ini meningkat lebih tinggi bila dibandingkan dengan Rabu kemarin dimana ada 25 OTG yang reaktif hasil rapid tesnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir pun terus mengingatkan masyarakat atas hasil rapid tes positif yang beberapa hari terakhir terus meningkat.

“Hati-hati, hari ini rapid tes positif naik signifikan,” ujarnya.

Ahmad pun berpesan agar masyarakat bisa lebih menjaga diri dengan semakin tingginya kasus OTG reaktif Rapid Tes di Melawi, sekalipun untuk kasus konfirmasi positif Corona masih nol. Ia pun meminta agar msyarakat menerapkan sosial distancing dan tak lupa mengenakan masker dimana pun berada.

“Harap lebih bijaksana kalau ke pasar, terima uang maupun terima tamu. Sering mencuci tangan, dan gunakan masker,” katanya.

Terhadap hasil rapid tes reaktif, Dinkes akan lakukan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan lanjutan menggunakan PCR. Ahmad Jawahir juga mengungkapkan untuk selanjutnya rapid tes massal akan terus dilakukan utamanya pada petugas kesehatan hingga resepsionis hotel, pengemudi angkutan umum serta mereka dengan mobilitas tinggi.

“Termasuk juga pada cluster keagamaan serta cluster beresiko tinggi seperti mereka yang punya penyakit dalam seperti jantung serta diabetes. Ini akan menjadi sasaran rapid tes,” katanya.