Breaking News. Panji Umumkan Hasil Rapid Test 5 Orang Teridentifikasi Corona

oleh
Bupati Melawi, Panji, memimpin konferensi pers di kantor Bupati Melawi terkait perkembangan corona di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Bupati Melawi, Panji, yang juga selaku Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona Disease 2019 (COVID-19) Melawi, mengumumkan perkembangan informasi seputar COVID-19 dan
Penanganannya hingga hari ini, Sabtu (18/4).

Bupati menerangkan, dari hasil pemeriksaan rapid test, setelah menjalani pemeriksaan hasilnya 5 orang dinyatakan teridentifikasi reaktif positif corona.

Dari 5 orang yang telah menjalani pemeriksaan rapid test tersebut, diketahui, laki-laki berjumlah 4 orang dan perempuan 1 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Ella Hilir 3 orang, Kecamatan Belimbing Hulu 1 orang dan 1 orang dari Kecamatan Nanga Pinoh.

Bupati Panji menjelaskan, mereka kemudian akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan swab tenggorokan untuk memastikan keberadaan virus corona.

“Warga tersebut pada saat ini sedang diambil sampel swab tenggorokan,” ujar Panji, saat konferensi pers, Sabtu (18/4) di Kantor Bupati Melawi.

Sampai jam ini, lanjut Panji, dilaporkan jumlah total ODP di Melawi sebanyak 171 orang, 135 orang telah selesai pemantauan, 36 orang masih dalam pemantauan. Total PDP 1 orang dirawat di salah satu rumah sakit di Pontianak. Sedangkan total OTG 25 orang.

Lebih lanjut dikatakan Panji, terhadap hasil rapid tes tersebut dan hasil rapid tes warga sebelumnya, Gugus Tugas telah dan masih terus menindak-lanjuti dengan melakukan Penelitian Epidemiologi (PE) beserta pemeriksaan lanjutan yang dianggap perlu.

Panji menegaskan, bahwa rapid test adalah pemeriksaan resmi yang diberlakukan oleh pemerintah pusat, sehingga dibenarkan untuk dijadikan sebagai dasar untuk melakukan tindakan epidemiologi maupun tindakan medis selanjutnya.

Dikesempatan itu, Panji meminta kepada masyarakat untuk tetap bersikap tenang dengan makin meningkatkan kepatuhan kepada imbauan maupun arahan dari pemerintah pusat dan daerah tentang COVlD-19 yang selalu berkembang setiap waktu.