Kerusakan Jalan Semadin Makin Parah

oleh
Satu unit truk terjebak di jalan Semadin Lengkong yang rusak berat

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Kerusakan jalan Kabupaten Nanga Pinoh-Ella Hilir tepatnya di desa Semadin Lengkong kecamatan Nanga Pinoh semakin parah. Kondisi ini mengakibarkan kendaraan yang melintas di jalan tersebut kerap amblas bahkan terguling.

Pada Selasa (14/4) contohnya, sebuah truk bermuatan air mineral dari arah Nanga Pinoh menuju Ella Ilir amblas di jalan tersebut lantaran tidak mampu melintasi kubangan jalan yang dalamnya hamper satu meter.

Agar bisa melintas terpaksa truk lainnya membantu menariknya. Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil meski sudah dicoba berulang kali. Hal ini karena kedalaman kubangan jalan tersebut sangat dalam.

“Sudah biasa lewat sini terkadang juga dibantu kendaraan lain, hari ini amblas lagi karena kedalamannya makin parah, jadi harus ditarik lagi,” kata Refi pengendara truk yang terjebak pada siang itu.

Refi berharap kepada pemerintah segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut sebab kerusakan ini sudah terjadi sejak lama. “Meski tidak diaspal setidaknya bisa enak dilewati, kalau dibiarkan terus kayak gini kerusakan akan semakin parah,” kata Refi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ismail, perangkat Desa Semadin Lengkong, menurutnya kerusakan tersebut sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Bahkan saking parahnya warga kemudian berinisiatif untuk membuat jalan darurat di sampingnya.

“Jalan darurat itu dibangun dengan swadaya oleh warga, kemudian bagi warga yang melintas diminta uang sukarela, kalaupun tidak memberi yang tidak masalah tidak ada paksaan” kata Ismail yang meninjau jalan tersebut.

Ismail mengatakan beberapa waktu lalu jalan tersebut sudah diperbaiki, namun hanya berupa penimbunan, tak lama setelah dilalui kendaraan disaat musim hujan kondisinya Kembali parah, sehingga kendaraan kerap terjebak.

“Saya berharap kepada pemerintah bisa segera memperbaiki jalan tersebut, sehingga akses jalan dari dan menuju Nanga Pinoh bisa Kembali normal, kasihan masyarakat yang mau melintas jadi terganggu karena kerusakan jalan tersebut,” katanya