Bupati Lepas Pasukan Pemberantas Corona MABT Melawi

oleh
Bupati Melawi, Panji, menyampaikan arahan sebelum melepas tim penyemprot dan bagi sabun antisipasi wabah Corona di Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Bupati Melawi, Panji, di dampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr. Ahmad Jawahir, melepas tim pasukan pemberantas virus corona (Covid-19) Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi, Minggu (22/3/2020) pagi, di gedung MABT Nanga Pinoh.

Tim ini melakukan penyemprotan disinfektan massal dan membagikan seribuan sabun gratis kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan MABT salah satu cara untuk mencegah atau terhindar dari Covid-19.

Penyemprotan dilakukan pada tempat fasilitas umum di Kota Nanga Pinoh, seperti di masjid, gereja, vihara, kelenteng, terminal dan fasilitas lain yang bersentuhan dengan masyarakat.

Sedangkan pembagian sabun, sebagai simbol gerakan atau ajakan mencuci tangan dengan rajin mengunakan sabun dibagikan di area Tugu Juang kepada masyarakat pejalan kaki, pengendara mobil dan sepeda motor.

Bupati Melawi, Panji, pada pelepasan tim pasukan pemberantas Covid-19 MABT Melawi itu dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan semata-mata untuk mengantisipasi agar masyarakat Melawi terbebas dari corona.

“Terima kasih kepada MABT yang telah ikut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Melawi. Sekarang kita perang melawan musuh yang tidak kelihatan. Pemerintah tidak boleh diandalkan sendiri memerangi wabah ini, mesti kerja sama semua pihak,” ujar Panji.

Panji mengatakan, MABT hari ini telah melakukan bhakti sosial pekerjaan mulia untuk menyelamatkan umat manusia dari wabah corona di daerah Melawi. “Kegiatan ini juga kesempatan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya virus corona ini,” kata Panji.

Kepala Dinkes Melawi, dr Ahmad Jawahir, menjelaskan, penyemprotan dan pembagian sabun ini merupakan salah satu langkah antisipatif yang dilakukan oleh MABT, sekaligus sabagai tindak lanjut Tim Gugus TugasĀ  Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Melawi dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

Ahmad Jawahir pun menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh MABT tersebut. Dirinya menyampaikan terima kasih atas rasa kepedulian sangat bermanfaat terhadap masyarakat dalam memberantas rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Ketua MABT Melawi, Taufik, menyampaikan, melalui bhakti sosial itu, MABT bekerja sama dengan Yayasan Mawar dan Badan Sosial Pemadam Bahaya Kebakaran (BS-PBK) Bhakti Mulia Melawi ambil bagian serius membantu pemerintah dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

Taufik mengungkappkan, penyemprotan disinfektan dan pembagian sabun dari pihaknya berperan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini menjadi permasalahan dunia.

“Kegiatan ini antata lain adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan hal yang serupa. Karena proses ini bisa menjaga diri dan mencegah kita dari virus corona,” sebut Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Melawi itu.

Terkait dengan anggaran di bhakti sosial ini, Taufik mengungkapkan, merupakan dana hasil sumbangan dari berbagai warga Tionghoa di Nanga Pinoh, mulai dari sumbangan alat penyemprot (hand sprayer) 30 unit, bayclin, sabun dan sumbangan keperluan lainnya.