Imbas Corona, MTQ Melawi Ditunda

oleh
Bupati Melawi, Panji, pimpin rapat koordinasi dengan pihak terkait tentang penundaan pelaksanaan MTQ Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Merebaknya Virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Melawi, berdampak ke sejumlah aktivitas di daerah itu.

Beberapa agenda kegiatan pemerintahan yang sudah terjadwalkan di Melawi, terpaksa dibatalkan atau ditunda. Salah satunya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VIII tingkat kabupaten yang rencana digelar pada tanggal 23-28 Maret 2020 mendatang di Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing.

Bupati Melawi, Panji, pun memastikan pelaksanaan MTQ VIII Tahun 2020 tingkat Kabupaten Melawi ditunda, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Bupati Panji menegaskan, penundaan acara MTQ Melawi ke-VIII ini demi menjaga masyarakat dan peserta kegiatan terhindar dari penyebaran Virus Corona.

“Dampak dari penyebaran wabah Covid-19, pelaksanaan perhelatan MTQ tingkat Melawi terpaksa ditunda,” kata Panji, saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan MTQ dengan pihak terkait di Kantor Bupati Melawi, Kamis (19/3/20).

Dikatakan Panji, kemungkinan penundaan, hingga kondisi wabah Covid-19 sudah berangsur pulih, sehingga agenda bisa dilanjutkan, terlebih Pemprov. Kalbar saat ini sudah menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

Panji menegaskan, pelaksanaan MTQ kabupaten itu tetap dilakukan dengan memantau perkembangan wabah Covid-19, sebagai persiapan kafilah Melawi untuk menghadapi MTQ ke XXVIII Tingkat Kalbar 2020 di Sekadau pada tanggal 13 – 19 April 2020 mendatang.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Melawi, H. Dadi Sunarya UY, membenarkan berdasarkan rapat pihaknya, bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Melawi 2020 akan di tunda, lantaran wabah Covid-19.

Untuk kepastian kapan pelaksanaan MTQ Melawi tersebut, kata Wakil Bupati Melawi itu, hingga menunggu perkembangan Covid-19 di masa pemantauan sejak tanggal 16 Maret-2 April 2020 mendatang.

“Berbagai persiapan sudah dilakukan di area MTQ Batu Nanta, hingga persiapan mencapai 90 persen. Saat ini tinggal pembersihan dan penataan lokasi MTQ saja. Bahkan pekan lalu kami beserta jajaran telah melakukan tinjauan langsung di lapangan, untuk memantau kesiapan. Tidak masalah ditunda, demi kebaikan bersama,” kata Dadi.

Soal pelaksanaan MTQ tingkat Kalbar di Sekadau, ditunda atau dilaksanakan sesuai dengan rencana jadwal, sebut Dadi, masih menunggu hasil rapat LPTQ se Kalbar di Sekadau pada tanggal 26 Maret 2020 nanti.