Cek Kesiapan Tim Cegah Corona, Panji : Anggaran Tersedia Rp 500 Juta

oleh
Bupati Melawi, Panji, pimpin konferensi pers di Kantor Bupati Melawi terkait penyebaran penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Untuk memastikan kesiapan dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), Bupati Melawi, Panji, mengecek semua fungsi Tim Gugas Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Melawi melalui rapat koordinasi, Kamis (19/3/2020) di Kantor Bupati Melawi.

Bupati Panji menjelaskan, rapat koordinasi tersebut untuk mengecek sampai dimana kesiapan dan fungsi tim gerak cepat penanganan Covid-19 di Melawi sejak dibentuk hingga saat ini.

“Kesiapan itu meliputi SOP penanganan, mulai dari uraian, tahapan demi tahapan, prosedur, mekanisme hingga antisipasi melalui perincian anggaran yang dibutuhkan, seperti kebutuhan alat pelindung untuk petugas perawat dan dokter,” kata Panji.

Panji menyampaikan, anggaran yang disiapkan Pemkab Melawi untuk menangani pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Melawi sebesar Rp 500 juta melalui dana tak terduga di APBD Melawi 2020.

Bupati meminta kepada tim, agar membuat rincian dan hitungan untuk keperluan penanganan dalam mengatasi penyebaran wabah Covid-19 berdasarkan kebutuhan pos anggaran yang sudah di siapkan.

Ia menuturkan, sejak merebaknya wabah virus corona, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik di Melawi maupun di provinsi. Apalagi, kini Gubernur sudah menyatakan Kalbar berstatus kejadian luar biasa (KLB).

“Tidak mungkinlah kita nyantai, sementara daerah kita sudah dinyatakan KLB. Kita berharap di Melawi tidak terjadi apa-apa,” harap Panji.

Panji meminta seluruh masyarakat gencar mengisolasikan diri atau tidak bepergian dan mengunjungi ke tempat keramaian atau tempat umum selama 14 hari sejak masa Inkubasi Covid-19 diterapkan.