Tim PSHT Melawi Raih Juara I Umum Di Kejurda Pencak Silat Tingkat Pelajar di Sintang

oleh
Sejumlah atlet silat dari PSHT Komisariat Kompi Senapan A Cabang Melawi yang meraih juara umum dalam Kejurda Pelajar se Kalbar di Sintang

MELAWINEWS.COM, Melawi – Tim Bela Diri Pencak Silat PSHT Sekretariat Kompi Senapan A Yonif 642/Kapuas Cabang Melawi berhasil membawa Piala Bergilir Bupati Sintang setelah meraih Juara 1 Umum di ajang Kejuaraan Daerah Pencak Silat ke III Tingkat Pelajar se-Kalimantan Barat yang ditutup pada 29 Februari lalu.

Dalam Kejuaraan Daerah Pencak Silat yang digelar di GOR Indoor Apang Semangai Sintang 25-29 Februari, 15 atlet Sekretariat Kompi Senapan A dari pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat tergabung bersama 186 atlet pencak silat yang juga hadir dari berbagai sekolah dari Kabupaten Kubu Raya, Singkawang, Mempawah, Sekadau, Sintang, dan Kapuas Hulu.

Pelatih Sekretariat Kompi Senapan A Kabupaten Melawi Kopral Dua Suyanto menerangkan sebelum diadakannya kejurda tersebut, pihaknya telah menyiapkan diri dengan melaksanakan latihan yang gigih dan seleksi ketat sehingga dapat membentuk tim yang memiliki mental dan siap tanding pada kejuaraan kali ini.

“Kami berhasil meraih emas atas nama Ical Dwi Julianto (SMK N 1 Nanga Pinoh), Minyarahmah (SMK N 1 Nanga Pinoh), Dinda (SMK N 1 Nanga Pinoh) serta Heru (SMKN 1 Nanga Pinoh, kemudian  1 Perak  atas nama Fransiska Ira Soni (SMP 09 Satap Menukung) dan dua Perunggu  dari Muhamad Arifin (MA Baitulmal Pancasila) serta Jariyandi (SMK N 1 Nanga Pinoh),” jelas Suyanto yang juga menjadi manajer tim ini.

Sementara itu, pelatih atlet, Kardianus mengatakan dirinya merasa puas dan bisa tersenyum haru dan bangga pastinya, karena secara langsung membina para atlet sebelum pertandingan hingga mampu meraih juara umum dan memboyong piala bergilir Bupati Sintang.  “Untuk para atlet tetap semangat dan terus berlatih,” katanya.

Begitu pula dengan Eksa Prayitno sebagai official Tim mengungkapkan rasa bangganya kepada tim, pengurus dan para atlet yang sudah semaksimal mungkin untuk bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah mereka serta Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Melawi.

“Kami berharap Kedepannya IPSI MELAWI dan dinas terkait bisa memberikan support baik secara kebijakan maupun materi untuk menunjang para atlet Melawi kedepannya terkhusus cabang pencak silat,” katanya.

Sementara itu, Nur Ikhsanun Nahari selaku Ketua PSHT Cabang Melawi menyampaikan terimakasih kepada seluruh pengurus, penyelenggara, donatur dan tim atlet PSHT Melawi yang sudah berkontribusi mengharumkan nama perguruan dan Melawi melalui cabang olah raga pencak silat.

Nahari, biasa pemuda ini disapa juga berharap kedepannya Pemerintah Daerah beserta Instansi yang menaungi Cabang Olah Raga Khususnya Pencak Silat kedepannya bisa mensupport para atlet Pencak Silat Melawi.

“ Karena sudah ketiga kalinya Atlet PSHT memperoleh juara umum di ajang bergengsi Se- Kalimantan Barat, di antaranya Kejuaraan Pencak Silat SH Cup di Sintang 2019 lalu Sebagai Juara Umum ke III, Kejuaraan Daerah di Melawi di awal Tahun 2020 sebagai juara Umum Pertama dan Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar Se-Kalimantan Barat kali ini dan berhasil memboyong piala Juara Umum Pertama serta memboyong Piala Bergilir Bupati Sintang,” katanya.

Terpisah, Sekretaris KONI Melawi, Indra Fahrudi mengapresiasi raihan juara umum yang diraih PSHT Sekretariat Kompi Senapan A Cabang Melawi di ajang Kejurda Silat Pelajar di Sintang. Prestasi ini patut mendapat acungan jempol bagi kontingen pelajar Melawi di bawah perguruan PSHT

“Kedepannya semoga olah raga di Melawi mendapat suport dari pemerintahan kabupaten Melawi melalui koni maupun para pengusaha atau donatur sebagai bapak angkat yang ikut mendukung demi kemajuan olahraga prestasi Melawi,” katanya.

Kejurda Pencak Silat III Tingkat Pelajar Se-Kalimantan Barat kali ini ditutup langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, dan seluruh peserta melaksanakan pertandingan dengan semangat serta sportifitas yang tinggi.