Kapolsek Sokan Ikut Panen Padi Bareng Warga

oleh
Panen padi yang dilakukan para petani di Desa Melana dimana Kapolsek Sokan dan anggotanya ikut turun membantu

MELAWINEWS.COM, Melawi – Aktivitas panen padi digelar oleh masyarakat hampir di seluruh daerah di Melawi. Di Sokan, panen ini tak cuma dilakoni warga setempat, tapi juga oleh anggota kepolisian setempat.

Kapolsek Sokan, Iptu Mulai Sembiring terlihat bersama warga bersama memetik bulir padi yang sudah menguning di salah ladang milik masyarakat di Sokan. Aksi ini dilakukan saat Kapolsek bersama sejumlah anggotanya menggelar patroli sambang desa di Desa Melana Sokan. Melihat warga sedang panen padi, Kapolsek bersama anggotanya menghampiri dan ikut membantu warga yang sedang panen padi.

“Membantu petani memanen padi itu merupakan bagian dari upaya Polri agar lebih dekat dengan warga sekaligus bentuk nyata Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” kata Iptu Mulai Sembiring.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek juga menyampaikan himbauan kepada para warga yang sedang panen, supaya berhati-hati dalam menyimpan atau memarkir kendaraannya, jangan sampai terjadi kehilangan sepeda motor karena parkir motor di pinggir jalan tanpa menggunakan kunci ganda.

Kegiatan ini juga merupakan dukungan Polri terhadap masyarakat dalam swasembada pangan dan sekaligus merupakan kegiatan preemtif, dalam mencegah pembukaan lahan pertanian dengan cara dibakar. Jika terus menerus melakukan pembakaran kawasan hutan, hanya sekedar untuk berladang. Kerugiannya sangat banyak sekali, mulai perubahan iklim dan tentunya kerusakan ekosistem dialam.

“Kami juga menghimbau masyarakat, jika bercocok tanam padi dan sayur mayur. Diharapkan tidak melakukan pembakaran, karena sanksi hukumnya sudah jelas. Mulailah bercocok tanam menetap di suatu kawasan, karena jika menetap otomatis kayu-kayu dan rumput-rumput tidak sampai tinggi, Dan dengan hanya disemprot racun rumput saja sudah layu dan mati,” pesannya kepada masyarakat.