Kluisen: Banjir Genangi Rumah Warga, Diduga Akibat Penataan Halaman Kantor Bupati

oleh
Satu rumah warga yang tergenang air di depan Kantor Disdikbud Melawi (komplek surau)

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Ada rumah warga di Desa Tanjung Lay, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, sejak Kamis, (30/1) dilanda banjir.

Adapun rumah warga yang dilanda banjir tesebut yakni di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Melawi, di lingkungan surau.

Dikatakan Ketua Fraksi PDIP DPRD Melawi, Kluisen, banjir yang menggenangi rumah warga tersebut, diduga ada kaitannya dengan pembangunan atau penataan halaman Kantor Bupati Melawi.

“Menurut laporan warga yang terdampak banjir kepada saya, bahwa rumah mereka tergenang air disebabkan pembuangan air dari depan Kantor Bupati Melawi,” kata Kluisen, Jumat (31/1) kepada media ini.

Selain itu, menurut warga, lanjut Kluisen, sebelumnya rumah di area surau itu belum pernah banjir, namun sekarang terjadi banjir setelah dilakukan penataan halaman Kantor Bupati Melawi.

“Untuk mengantisipasi dan mengatasi kejadian lebih besar atau lebih buruk lagi kedepan, maka pemerintah setempat mesti membangun drainase, agar air pembuangan dari lokasi Kantor Bupati Melawi tidak lagi menggenangi rumah warga di sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Kluisen, harus ada perubahan yang cukup besar terhadap pembangunan yang mendukung daya lingkungan, seperti antisipasi bencana banjir pemukiman harus membangun drainase.

“Sebab, pembangunan yang tidak mematuhi daya dukung lingkungan, justru akan menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi pemerintah dan warganya,” tandasnya.