Dikebut, Pembangunan Lanjutan Masjid Kota Juang 2024 Segini Anggarannya

oleh -279 views
Pembangunan Masjid Kota Juang yang terletak di Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi dilanjutkan tahun ini

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pembangunan Masjid Kota Juang yang terletak di Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, akan dilanjutkan tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Melawi, H. Hinduansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, A. Taufik Kamrul, ST., MT mengatakan anggaran sebesar Rp 10 miliar disiapkan di tahun 2024 untuk lanjutan pembangunan masjid.

“Pekerjaan Masjid Kota Juang tahun ini termasuk yang prioritas, sehingga bisa difungsikan akhir tahun. Anggarannya kita siapkan Rp 10 miliar bersumber dari APBD Melawi,” kata Taufik Kamrul, Selasa (23/1).

Kabid Cipta Karya Dinas Perkim Melawi, A. Taufik Kamrul, ST., MT

Taufik mengungkapkan, adapun pekerjaan lanjutannya yaitu finishing bangunan utama masjid, tempat wudhu, ruang sekretariat, pembangunan MCK, elektrikal, perlengkapan sound system dan pemasangan pendingin.

“Pembangunan lanjutan masjid yang masih tersisa adalah lanskap dan menara,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan pekerjaan tahun ini akan dilelang. Namun, sebelum memasuki proses lelang atau sebelum pelaksanaan proyek ada review design yang sedang berlangsung saat ini.

Setelah itu, lanjutnya, ada ekpos pembangunan yang melibatkan pihak Inspektorat sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP), baru kemudian dilanjutkan dengan proses lelang dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa dapat pemenang sehingga pekerjaan bisa segera mulai. Meski dalam tahap pembangunan, Masjid ini sudah bisa digunakan masyarakat untuk ibadah dan kegiatan lainnya akhir tahun 2024,” tuturnya.

Diketahui, pembangunan Masjid Kota Juang ini bersumber dari APBD Melawi yang di mulai sejak tahun 2022 sebesar Rp 10,5 miliar, tahun 2023 Rp 5 miliar dan tahun 2024 ini Rp 10 miliar.