Sosialiasi Kampung Zakat di Kayan Semapau

oleh -37 views
Teks foto/// Ketua Baznas Kabupaten Melawi didampingi kasi haji dan Bimas Islam Melawi menyerahkan bantuan peralatan pertanian kepada kepala desa Kayan Semapau Senin (31/10)

MELAWINEWS,MELAWI-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Melawi, Kementerian agama dan kesra Kabupaten Melawi melakukan sosialisasi kampung zakat di desa Kayan Semapau pada Senin 31 Oktober 2022 .

Kampung zakat bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di daerah yang rawan ketahanan ekonomi. kampung zakat merupakan program sinergitas yang melibatkan Kemenag, Baznas, LAZ nasional dan lokal untuk bersama mengentaskan kemiskinan dalam rangka memperluas lapangan pekerjaan yang tujuan akhirnya adalah menciptakan muzakki baru.

Kegiatan yang dilaksanakan di balai pertemuan desa Kayan Semapau itu dihadiri oleh kasi bimas Islam, ketua BAZNAS Melawi Ustaz Ali Murtadho, Kepala Desa Kayan Semapau, Ketua BPD, perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Kasi Haji dan Bimas Islam mengungkapkan, Desa Kayan Semapau akan menjadi desa percontohan dalam program kampung BAZNAS ini, karena sesuai dengan kondisi geografisnya desa ini masuk kategori desa terpencil, apalagi akses menuju desa tersebut hanya bisa ditempuh menggunakan jalur sungai.

“Maka dari itu kami sangat berharap dukungan penuh dari masyarakat desa Kayan Semapau, dari kepala desa dan semua pihak yang terlibat agar kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Ketua Baznas Kabupaten Melawi Ustaz Ali Murtadho mengungkapkan hal senada, kampung zakat ini adalah program kementerian agama sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Melalui pemberdayaan ekonomi umat sesuai dengan potensi yang ada di desa.

“Contohnya di Kayan Semapau inikan sudah ada budidaya masuk kelulut, atau mungkin tanaman lain yang bisa dikembangkan, nanti kami akan memberikan dukungan sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya” katanya.

Sementara itu kepala desa Kayan Semapau Agustinus menyambut baik dengan kegiatan yang dilaksanakan, sebab kata dia sebelumnya kementerian agama dan BAZNAS juga sudah melakukan pembinaan di desa Kayan Semapau pada bidang pemberdayaan ekonomi umat.

“Harapannya kami nanti bisa terus didampingi, karena memang jika melihat potensi yang ada di Kayan Semapau ini sangat luar biasa sekali. Namun belum bisa dikelola dengan baik karena keterbatasan biaya dan pengetahuan” katanya.

Selain memberikan sosialisasi BAZNAS juga menyalurkan bantuan alat pertanian berupaya penyemprot tanaman, racun rumput dan juga cangkul. Bantuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik.