3.667 Siswa SD di Melawi Ikuti ANBK

oleh -251 views
Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, didampingi Kadisdikbud Melawi, Yusseno, saat meninjau pelaksanaan UNBK di SD Muhammadiyah Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Tercatat, 3.667 siswa dari 254 tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 mulai hari ini, Senin (24/10/2022).

ANBK ini akan berlangsung hingga tanggal 3 November 2022 yang terdiri dari 4 gelombang. Setiap gelombang terdiri dari 2 hari dan setiap hari pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 3 sesi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Melawi, Yusseno, usai mendampingi Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa saat meninjau pelaksanaan ANBK disejumlah SD di Kota Nanga Pinoh,” Senin (24/10/2022).

Yusseno menjelaskan, dari 254 SD termasuk swasta yang melaksanakan ANBK Mandiri 85 sekolah, sedangkan yang bergabung sebanyak 169 sekolah. “Jadi total yang melaksanakan ANBK 254 sekolah,” kata Yusseno, ditemui usai gelar peninjauan ANBK di SD Muhammadiyah.

Dia menerangkan, ANBK berlangsung setiap gelombang terdiri 2 hari. Hari pertama siswa mengerjakan literasi dan survei karakter. Hari kedua mengerjakan numerasi dan survei lingkungan belajar (sulingjar).

ANBK ini, lanjut Yusseno, menjadi sebuah alat ukur tingkat keberhasilan siswa. Hasil ini juga menjadi barometer dalam menjangkau tingkat prestasi dan potensi siswa.

“Hasil ANBK nanti akan dievaluasi untuk mengetahui di mana letak kekurangan dan kelebihan, sehingga menjadi tolak ukur bagi sekolah, guru, dinas dan siswa sendri,” ungkapnya.

Dia berharap, pelaksanaan ANBK ini di semua sekolah bisa berjalan lancar, tanpa hambatan-hambatan.