Tak Terima Hasil Pilkades, Puluhan Massa Mengamuk di Kantor DPMD Melawi, Polisi Pukul Mundur

oleh -402 views
Kehadiran warga yang diperankan personel Polisi, bukan dalam peristiwa sesungguhnya, namun simulasi penanganan keamanan untuk pelaksanaan Pilkades serentak di Melawi yang di gelar Polres Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sejumlah desa di Pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Kabupaten Melawi menuai masalah.

Puluhan warga pun datang menyambangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat, memprotes hasil Pilkades yang tidak puas dengan hasil pemilihan, Kamis (13/10/2022).

Kehadiran warga yang diperankan personel Polres Melawi tersebut, bukan dalam peristiwa sesungguhnya, namun simulasi penanganan keamanan untuk pelaksanaan Pilkades serentak di Melawi yang di gelar Polres Melawi bekerjasama dengan DPMD Melawi.

Pada simulasi digambarkan warga yang memprotes hasil Pilkades tidak sesuai harapan mereka, diantaranya saat penghitungan suara di TPS menguntungkan salah satu kandidat cakades.

Saat simulasi ini juga digambarkan, warga terus memaksa masuk ke Kantor DPMD meminta hasil Pilkades dibatalkan, namun petugas terus menghalangi hingga mendorong warga dengan tameng.

Keributan tidak dapat dihindari, warga terus menyerang petugas dengan lemparan air yang sudah dibungkus dalam plastik putih. Untuk memukul mundur warga hingga kericuhan berakhir, petugas kemudian mengerahkan mobil water cannon untuk menyemburkan air dengan kekuatan sedang membubarkan massa.

Wakapolres Melawi, Kompol Asmadi yang hadir di kegiatan mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tugas dan tanggungjawab personel di pelaksanaan Pilkades.

”Simulasi ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel jika terjadi situasi gangguan Kamtibmas. Kita sudah siap mengantisipasinya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, semua petugas yang terlibat harus memahami tupoksi masing masing di lapangan, dan menguasai data desa yang akan dilakukan pengamanan.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag OPS Polres Melawi, Kompol Aang Permana menambahkan, dalam pengamanan Pilkades serentak di Melawi yang di gelar pada 19 Oktober nanti di 49 desa di 10 kecamatan, pihaknya menyiapkan 277 personel terdiri dari 217 Polres Melawi, 30 Personel Sabhara Polda Kalbar, 30 bko Brimob polda Kalbar. Dibantu 49 personel TNI dan 49 personel Satpol PP.

Aang berharap Cakades memegang teguh deklarasi Pilkades damai yang sudah dilakukan. Ia juga berharap penyelenggara Pilkades bersikap netral dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Kabid Pemdes DPMD Melawi, Budiman menyampaikan, dengan simulasi ini bisa memberikan arahan dan gambaran pelaksanaan pengamanan jika ada gesekan di masyarakat.

“Kita berharap pelaksanaan Pilkades hingga hari penetapan kepala desa nanti semoga berjalan lancar, damai dan sejuk, sehingga tidak terjadi gesekan-gesekan yang memicu kekacauan dan keributan di desa,” ujarnya.