Sukseskan Pilkades, Kapolres Melawi Minta Media Ikut Mengedukasi Masyarakat

oleh -95 views
Gelaran silaturahmi PWI Melawi disambut baik Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, didampingi Kabag OPS Kompol Aang Permana, Kasat Reskrim Iptu Fariz Kautsar Rahmadhani dan Kasat Lantas Iptu Nanda Sulvy Pratama, di komplek Satpas Polres Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, meminta media ikut mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan yang positif menjelang hari H pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Melawi.

Hal itu disampaikan Kapolres Sigit dalam agenda silaturahmi wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Melawi, di Satpas Polres Melawi, Jumat (7/10).

Turut hadir mendampingi Kapolres Sigit saat silaturahmi PWI itu adalah Kabag OPS Kompol Aang Permana, Kasat Reskrim Iptu Fariz Kautsar Rahmadhani dan Kasat Lantas Iptu Nanda Sulvy Pratama.

Kapolres mengungkapkan, salah satu bentuk menjaga kondusifitas kamtibmas dalam masyarakat adalah melalui penyajian berita-berita yang positif dan objektif, kemudian tidak memihak terhadap calon tertentu.

“Media sangat berperan dalam menggiring opini masyarakat. Itu sebabnya, media diminta bijak dalam menyampaikan berita yang akan dikonsumsi masyarakat terkait berita-berita Pilkades, untuk menghindari polemik di masyarakat,” pinta Kapolres Sigit.

Untuk itu, Kapolres Sigit kembali meminta agar peran media dalam menjalankan tugasnya dapat benar dilaksanakan sesuai kode etik jurnalistik. Supaya tidak menimbulkan fitnah, SARA dan pemberitaan yang memecah belah persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin baik selama ini di Melawi.

Dikatakan, media harus tampil sebagai penyejuk dengan memberikan edukasi informasi yang benar dan sesuai dengan tahapan yang sedang berjalan saat ini.

“Media kita harapkan bisa memberikan informasi yang berimbang dan benar-benar akurat. Untuk itu kita sangat berharap media di Melawi ini bersama Polri dapat menciptakan situasi yang kondusif,” pungkasnya.

Sesuai jadwal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Melawi, pelaksanaan Pilkades seretak akan di gelar pada 19 Oktober 2022 mendatang di 49 desa pada 10 kecamatan dari 11 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Melawi.