Kawasan Konservasi Wajib Dilindungi, Sekda Paulus: Hindari Praktik Mafia Tanah

oleh -95 views
Sekda Melawi, Paulus

MELAWINEWS COM, MELAWI – Sekretaris Derah Kabupaten Melawi, Paulus mengatakan, kawasan yang harus menjadi perhatian khusus wajib dilindungi guna menjaga fungsinya diantaranya, konservasi keanekaragaman hayati, sistem penyangga kehidupan, tata air dan integritas ekosistem hutan gambut.

Paulus menyebut, Kabupaten Melawi memiliki 52,3% areal yang mempunyai nilai konservasi tinggi atau sebagai kawasan penting dari total luasan kabupaten yang tersebar di 11 kecamatan.

‚ÄúSehubungan dengan luasan wilayah tersebut, untuk itu sangat diperlukan arahan kebijakan dalam menerapkan praktik pengelolaan kawasan tersebut berdasarkan prinsip keberlanjutan dalam perencanaan dan pembangunan, sehingga kawasan penting dapat dipertahankan,” terang Paulus, beberapa hari yang lalu.

Ia berharap gambaran sebaran wilayah yang direkomendasikan untuk dipertahankan sebagai wilayah yang dilindungi dan wilayah yang layak untuk dimanfaatkan sebagai areal budidaya, terutama pada sub sektor perkebunan sebagai salah satu usaha berbasis lahan.

Paulus mengingatkan, tidak ada lagi tumpang tindih serta menghindari praktik mafia tanah terkait dengan pengelolaan tanah, serta sebagai salah satu upaya bersama untuk meminimalisir konflik terkait pengelolaan tanah.