Puncak Peringatan HKG PKK ke-50, Bupati Melawi Minta Kader PKK Terus Berperan Aktif Penanganan Stunting

oleh -137 views
Puncak peringatan HKG PKK ke-50 Tingkat Kabupaten Melawi ditandai dengan pemotongan tumpeng

MELAWINEWS, COM – NANGA PINOH – Sejumlah rangkaian kegiatan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, yang mengusung tema “Peningkatan Peran Keluarga Dalam Mencegah Stunting” berlangsung meriah.

Puncak peringatan HKG PKK ke-50 yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, bertempat di Pendopo Bupati Melawi, ditandai degan pemotongan tumpeng, Jumat (9/9).

Dalam rangkaian acara ini, juga diumumkan hingga penyerahan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba, diantaranya lomba penyuluhan PAAR, lomba olahan makanan cemilan yang tahan lama, lomba fashion show busana adat bukan pengantin dan lomba pengolahan makanan untuk ibu hamil dan bayi dua tahun.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, yang menghadiri langsung kegiatan itu dalam sambutanya menyampaikan, peringatan HKG PKK Ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa, hari ini merupakan peringatan tahun emas Gerakan PKK di Indonesia dan mengapresiasi atas terselenggaranya rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TP PKK Melawi.

“Semoga kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat sesuai dan sejalur dengan 10 program kerja PKK,” kata Bupati Dadi.

Bupati juga menyampaikan apresiasi atas kinerja PKK Melawi yang telah membantu, bekerja sama serta selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan program kerja selama ini.

“Terimakasih kepada TP PKK Melawi yang telah turut serta memberikan nuansa dalam proses pembangunan di Melawi. PKK merupakan mitra kerja pemerintah, PKK adalah ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di daerah,” sebutnya.

Bupati menjelaskan, sebagai komitmen bersama, TP PKK Melawi juga telah ikut serta dalam percepatan penurunan stunting, yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Bupati juga berharap, TP PKK Melawi dapat terus berperan lebih aktif dalam menopang program pemerintah daerah khususnya dalam upaya penanganan permasalahan stunting.

“Semoga kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan TP PKK Melawi yang selama ini kita bangun, dapat menurunkan angka stunting khususnya di Melawi ini akan segera terwujud. Tetaplah bersinergi dan menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan 10 program kerja PKK,” ujarnya.

Bupati berharap dengan memperingati hari HKG PKK ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK Melawi untuk terus melaksanakan tugas dan fungsinya dalam upaya mensejahterakan dan memberdayakan keluarga.

Dikesempatan yang sama, Ketua TP PKK Melawi, Ny. Raisya Sabrina Dadi menyampaikan beberapa
hal yang sudah dilakukan pihaknya dalam upaya membantu pencegahan
stunting di Melawi, diantaranya melakukan sosialisasi tentang pencegahan stunting.

Selain itu meningkatkan peran keluarga dengan pemanfaatan
pekarangan rumah untuk pemenuhan gizi keluarga, pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri dan membuat buku panduan tentang upaya pencegahan stunting yang akan dibagikan kepada 15
lokus desa stunting di Melawi.

Raisya berharap upaya-upaya yang dilakukan ini dapat memberikan dampak yang signifikan untuk
membantu pemerintah dalam pencegahan stunting, khususnya di Melawi.
.
“Terima kasih kepada
Bupati Melawi selaku Ketua Pembina TP PKK Melawi atas dukungan yang diberikan kepada PKK Melawi untuk melaksanakan setiap program dan kegiatan dengan baik,” tuntasnya.

Turut hadiri pada kegiatan itu, diantaranya Wakil Bupati Melawi kluisen, Sekda Melawi Paulus, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Pimpinan OPD, Camat dan sejumlah undangan lainnya dilingkup Pemkab Melawi.