MA Gelontorkan Anggaran Rp 27 Miliar Pembangunan Gedung PA Nanga Pinoh

oleh -186 views
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Firdaus Muhammad Arwan dan Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Pengadilan Agama Nanga Pinoh di Desa Kelakik

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H, M.Hum bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H dan Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Pengadilan Agama Nanga Pinoh di Desa Kelakik, Kamis (25/08/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Ketua Pengadilan Agama kabupaten Melawi, Dirut Bank Kalbar, Para Kepala OPD, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Dalam Laporannya, Ketua Pengadilan Agama Nanga Pinoh, Muammar H.A.T., S.H.I., M.H menyampaikan Pengadilan Agama Nanga Pinoh dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2016 dan diresmikan operasionalnya bersama 84 Pengadilan baru oleh Ketua Mahkamah Agung RI, M. Hatta Ali pada tanggal 22 Oktober 2018.

“Sejak beroperasinya PA Nanga Pinoh pada tahun 2018, perkara yang diterima setiap tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 terdapat 11 perkara, tahun 2019 meningkat menjadi 187 perkara, tahun 2020 naik menjadi 191 perkara, tahun 2021 sebanyak 304 perkara, dan sampai agustus 2022 ini sudah ada 203 perkara yang ditangani oleh PA Nanga Pinoh”, terangnya.

Lebih lanjut, Muammar menjelaskan untuk meningkatkan pelayanan PA Nanga Pinoh, pada tahun 2022 ini Mahkamah Agung menganggarkan pembangunan gedung PA Nanga Pinoh sebesar 27 milyar.

“Pengerjaan pembangunan gedung akan dilakukan secara bertahap atau secara multiyear karena terjadi pemotongan anggaran oleh Kementerian Keuangan melalui Sekretaris MA sebesar 40%, sehingga pada tahun 2022 ini pekerjaan pembangunan gedung yang akan dilaksanakan sebesar 60%”, jelasnya.

Muammar juga mengatakan tanah pembangunan kantor PA Nanga Pinoh ini merupakan tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Melawi.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Melawi yang telah menghibahkan tanah yang telah bersertifikat mahkamah agung untuk pembangunan pengadilan Agama Nanga Pinoh, semoga gedung ini segera terbangun dan ditempati guna meningkatkan pelayanan masyarakat Kabupaten Melawi”, ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan pembangunan gedung Pengadilan Agama Nanga Pinoh merupakan wujud dari rasa syukur atas terpenuhinya sarana dan prasarana dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang telah lama dinantikan.

“Saya berharap dengan dibangun gedung baru ini seluruh jajaran Pengadilan Agama Nanga Pinoh dapat semakin bersemangat dan termotivasi untuk tampil terdepan sebagai badan pengadilan agama transparan, akuntabel, partisipatif dan tidak diskriminatif, melalui pelayanan prima kepada seluruh masyarakat sesuai dengan asas-asas pemerintahan yang baik”, harapnya.

Bupati Melawi juga menyampaikan harapannya agar kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin selama ini dengan pemerintah dapat semakin ditingkatkan diberbagai bidang, sehingga dapat terus memberikan sumbangsih positif dalam mendorong pembangunan daerah.

Menutup sambutannya Bupati Melawi berharap proses pembangunan gedung Pengadilan Agama Nanga Pinoh berjalan dengan lancar, sehingga proses pekerjaannya akan selesai tepat waktu sesuai dengan rencana.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum mengapresiasi pembangunan Gedung Pengadilan Agama Nanga Pinoh.

“Saya mengapresiasi pembangunan Gedung PA Nanga Pinoh ini. Karena umumnya pelayanan peradilan agama biasanya lebih banyak daripada pengadilan negeri. Sehingga, gedung nya harus representative agar dapat memberikan pelayanan yang semakin baik”, ungkapnya.

Kompaknya para pemangku kepentingan dalam melakukan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Melawi mendapat apresiasi tinggi dari Gubernur Kalbar.

“Ini melengkapi saranan pelayanan kepada masyarakat. Saya memberikan apresiasi kepada Bupati dan stakeholder lainnya yang kompak dan harmonis. Pembangunan Gedung PA ini sangat baik sebagai langkah pengembangan dan pertumbuhan Kawasan baru untuk meningkatkan perekonomian di lokasi sekitar”, ujarnya. (HUMAS/Fariz)