Jelang Pilkades Serentak, Bupati Imbau Calon Kades dan Warga Jaga Situasi Keamanan

oleh -339 views
Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Tanggal 19 Oktober 2022 mendatang, pesta demokrasi akan digelar di 49 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Pemerintah Kabupaten Melawi, melalui perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak.

Demi lancarnya pelaksanaan Pilkades Serentak itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY, mengajak para calon kepala desa (kades) untuk dapat menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah, baik itu antar calon, maupun sesama pendukungnya masing-masing.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat yang di desanya akan menyelenggarakan Pilkades, supaya betul-betul memperhatikan calon pemimpinnya yang bisa membawa desa lebih baik.

“Besar harapan saya, pelaksanaan Pilkades nantinya berjalan aman dan damai. Kalau itu terjadi, maka Pilkades dapat dikatakan sukses terselenggara,” harapnya.

Bupati menyatakan, agar perbedaan menjadi semangat dalam membangun harmonisasi dalam keberagaman. Hendaknya para kompetitor harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat di desanya masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati saat Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada Kepala Desa, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD), Panitia Pengawas Pilkades (PANWAS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pendopo Bupati Melawi, Senin (25/7).

Bupati menyampaikan, agar setiap tahapan pilkades dapat dilalui dan dilaksanakan dengan baik.

“Kepada panitia pemilihan kepala desa (PPKD) hendaknya dapat menjaga netralitasnya,” pesannya.

Selanjutnya, bupati menyampaikan harapannya agar Pilkades Serentak tahun 2022 ini menjadi sebuah perekat di antara sesama calon dan para pendukungnya.

Berikut daftar desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2022:

Kecamatan Belimbing 8 desa yakni Desa Batu Buil, Batu Nanta, Tekaban, Balai Agas, Nusa Kenyikap, Sepan Tonak, Upit dan Belonsat.

Kecamatan Belimbing Hulu 3 desa yakni Desa Nanga Keberak, Nanga Tikan dan Beloyang.

Kecamatan Ella Hilir 1 desa yakni Desa Nanga Kempangai.

Kecamatan Menukung 4 desa yakni Desa Nanga Melona, Nanga Siyai, Laman Mumbung dan Nanga Keruap.

Kecamatan Nanga Pinoh 2 desa adalah Desa Tembawang Panjang dan Tanjung Sari.

Kecamatan Pinoh Utara 3 desa yakni Desa Manding, Tekelak dan Merah Arai.

Kecamatan Sayan 7 desa yakni Desa Nanga Sayan, Pekawai, Landau Sadak, Madya Raya, Kerangan Purun, Bora dan Nanga Pak.

Kecamatan Sokan 7 desa yakni Desa Tanjung Sokan, Gelata, Nanga Libas, Telaga Raya, Teluk Pongkal, Penyengkuang dan Sepakat.

Kecamatan Tanah Pinoh 10 desa yakni, Desa Loka Jaya, Suka Maju, Bina Jaya, Mading Raya, Tanjung Beringin Raya, Pelita Kenaya, Maris Permai, Keranjik, Tanjung Gunung dan Bata Luar.

Kecamatan Tanah Pinoh Barat 4 desa yakni Desa Ulak Muid, Harapan Jaya, Bukit Raya dan Ganjang.