Batalyon Mekanis 643/Wanara Sakti Gantikan Yonif 645/GTY Menjaga Perbatasan RI-Malaysia

oleh -204 views
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko didampingi Kasi Intel Korem 121/Abw Kolonel Inf Fadjar Moch Sjafrudin, S.Sos, memberikan perintah oprasi kepada Danyonif 645/Gardatama Yudha

MELAWINEWS.COM, SAMBAS – Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko didampingi Kasi Intel Korem 121/Abw Kolonel Inf Fadjar Moch Sjafrudin, S.Sos, memberikan perintah oprasi kepada Danyonif 645/Gardatama Yudha selaku Komandan Satuan Penugasan Operasi Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Ops Pamtas) RI-MLY Letkol Inf Hudallah S.H di Aula Mayonif 645/GTY yang beralamat di Jl. Thabrani kecamatan Sambas, kabupaten Sambas, Kalbar. Kamis/26/05/2022.

Komandan Korem 121/Abw yang juga menjabat sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) dalam keterangannya menegaskan, penyampaian Perintah Operasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada personel Satgas Pamtas Yonif 645/GTY tentang kondisi Geografi, Demografi, Kondisi Sosial, Dislokasi Pos, Kondisi Aktual Operasi, Ancaman dan Kerawanan serta kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi. Harapannya apa yang sudah kami sampaikan kepada anggota Yonif 645/GTY bisa menjadi tolak ukur dan menjadi acuan dalam melaksanakan tugas menjaga perbatasan darat antara Indonesia Dan Malaysia.

Seperti yang diketahui, Batalyon Infanteri 645/GTY akan menggantikan Batalyon Mekanis 643/Wanara Sakti yang bertugas mengamankan perbatasan darat RI-Malaysia, tepatnya di Sektor Barat yang membentang dari kabupaten Sanggau hingga kabupaten Sambas sejak 12 bulan Silam.

Pelaksanaan Satgas Pamtas RI – Malaysia sesuai dengan Undang – Undang Nomor 34 tahun 2004, pasal 7 ayat 2 tentang Tentara Nasional Indonesia yaitu, Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya adalah, turut serta mengamankan wilayah perbatasan negara.

Danrem 121/Abw menambahkan, sepanjang perbatasan darat RI – Malaysia masih banyak potensi kerawanan yang mungkin saja bisa terjadi kapanpun, seperti patok – patok batas antar negara, illegal trafficking, illegal logging, peredaran narkoba antar negara dan penyelundupan barang – barang ilegal serta masih banyak lagi permasalahan lain yang menjadi fenomena kejahatan lintas negara. Maka dari itu, Laksanakan Patroli Keamanan dan selalu berkoordinasi dengan instasi-instasi terkait yang ada di perbatasan.

Turut hadir dalam pemberian Perintah Operasi ( PO ) kepada Satgas Pamtas Yonif 645/Gty antara lain, Kasi Intel Kasrem 121/Abw, Kolonel Inf Fadjar Moch. Syafrudin S.Sos, Danbrigif 19/Kh Letkol Inf Wahyu Ramadhanusa Suryawan, Kasbrig 19/Kh Letkol Inf Setyo Budiyono S.H M.Tr ( Han ) dan Dandim 1208/Sbs, Letkol Inf Dadang Armada Sari S.I.P.