Dinkes Melawi Apresiasi Vaksinasi Mobile KODIM Sintang Selama Ramadan

oleh -132 views
Vaksinasi mobile oleh Kodim Sintang digelar selama Ramadan di Kabupaten Melawi. Salah satunya di laksanakan di gedung PBK

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di masa mudik lebaran mendatang, Jajaran Kodim 1205 Sintang menggelar vaksinasi mobile Covid-19 sepanjang bulan Ramadan 1443 H. Menurunkan tim kesehatan dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah), vaksinasi oleh TNI akan menyasar masyarakat untuk vaksinasi pertama dan kedua maupun booster di sejumlah kecamatan.

Hal ini disampaikan oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1205 Sintang, Letkol Arh Edi Winarno saat pelaksanaan vaksinasi di Gedung PBK Nanga Pinoh, Kamis (7/4). Ia memaparkan vaksinasi ini sesuai dengan perintah Panglima TNI untuk percepatan Vaksinasi Booster.

“Kita melayani vaksinasi pertama dan kedua untuk masyarakat, termasuk juga vaksinasi booster selama bulan Ramadan. Dosis yang akan diberikan tidak terbatas, artinya selama masih ada stok vaksin, maka akan kita berikan ke masyarakat,” paparnya.

Edi menerangkan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi selama pelaksanaan vaksinasi. Dalam satu bulan ini, kata Edi, nantinya akan digelar di berbagai kecamatan.

“Hingga 30 April direncanakan digelar di Kecamatan Nanga Pinoh, kemudian bergeser ke Pemuar (Kecamatan Belimbing), juga rencananya di Kecamatan Ella Hilir, Sayan dan Kotabaru,” katanya.

Dipaparkan Edi, untuk petugas vaksinasi yang terlibat merupakan prajurit TNI dari Denkensyah Sintang. Diantaranya terdapat dokter militer. Sedangkan vaksin bersumber dari Dinkes Melawi.

“Harapan kami, dari pimpinan berharap tercapainya target vaksinasi, khususnya boster dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 selama mudik lebaran,” katanya.

Danramil Nanga Pinoh, Kapten Sawira menambahkan untuk di Nanga Pinoh, pelaksanaan vaksinasi mobile dipusatkan di sejumlah tempat, mulai dari pasar tradisional, terminal SDF kemudian juga di Gedung PBK/MABT Nanga Pinoh.

“Program vaksinasi ini merupakan program Kodim Sintang, yang juga diarahkan ke Koramil-Koramil selama bulan Ramadan. Khusus di Nanga Pinoh akan dilaksanakan selama 10 hari,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Melawi, Sien Setiawan menilai pelaksanaan vaksinasi mobile oleh Kodim Sintang diharapkan mampu meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Melawi. Apalagi untuk rangking pelaksanaan vaksinasi secara fasyankes, Melawi masih berada di peringkat 11 Se Kalbar.

“Beberapa bulan lalu sempat berada di rangking delapan. Karenanya kami sangat berterima kasih pada Kodim Sintang dan Denkesyah yang sangat membantu kabupaten Melawi untuk memperbaiki peringkat vaksinasi. Sehingga minggu-minggu berikutnya bisa Kembali naik peringkatnya,” katanya.

Sien mengungkapkan, saat ini capaian vaksinasi boster di Melawi baru dikisaran 10 persen. Karenanya ia berharap dengan digelarnya vaksinasi mobile oleh Kodim 1205 Sintang selama bulan Ramadan ini dapat meningkatkan cakupan vaksinasi booster di kalangan masyarakat Melawi.

“Ini sangat membantu sekali bagi Dinkes Melawi,” katanya.

Saat ini, kata Sien, stok vaksin berbagai jenis di Dinkes Melawi cukup banyak, dimana di Gudang Dinkes terdapat 7.500 dosis vaksin dan di puskesmas ada 12 ribu dosis. Sehingga totalnya hampir mencapai 20 ribuan dosis.