Andalkan PAD, Belonsat Bangun Kantor Desa Megah Bernilai Miliaran

oleh -866 views
Sekda Paulus meninjau bangunan kantor desa Belonsat yang bernilai Rp 1,3 miliar

MELAWINEWS.COM,Melawi – Desa Belonsat, Kecamatan Belimbing ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya. Desa ini bisa membangun kantor desa dengan nilai miliar rupiah. Dimana mereka tak mengandalkan dana pemerintah untuk membangun kantor, tapi dari pendapatan asli desa (PAD) sendiri.

Andalkan PAD desa. Kantor Desa Belonsat berdiri megah
Hal ini terungkap saat peresmian kantor desa Belonsat oleh Sekda Melawi, Sabtu (19/3) lalu. Kantor megah tersebut dibangun hanya mengandalkan sumber pendapatan mandiri desa.

“Pembangunan kantor desa ini murni kita kumpulkan sedikit-sedikit dari PAD Belonsat selama 2 tahun ini. Jadi PAD selain untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat, kita juga anggarkan untuk pembangunan kantor ini,” kata Kepala Desa Belonsat, Supinus Enteng.

Ia mengungkapkan PAD Belonsat berkisar Rp 80 juta perbulan, sehingga per tahun mencapai Rp 800-900 juta. Dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kantor ini sebesar Rp 1,3 Milyar.

“Saya berharap dengan adanya kantor desa yang baru tersebut, pelayanan masyarakat Desa Belonsat akan menjadi lebih baik lagi,” katanya

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Paulus yang hadir mewakili Bupati Melawi mengapresiasi terselesaikannya pembangunan kantor desa Belonsat yang baru.

“Semoga dengan adanya kantor desa yang baru ini dapat menumbuhkan suasana baru yang dapat mendorong semangat kerja yang produktif disertai dengan pengabdian yang berpihak kepada masyarakat,” harapnya.

Paulus menegaskan peresmian kantor tersebut bukan sekedar acara seremoni tanpa makna, akan tetapi harus dijadikan momentum sebagai upaya bersama dalam meningkatkan motivasi terhadap pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Desa Belonsat.

“Kantor ini hendaknya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Artinya pelayanan yang diterima oleh masyarakat harus lebih baik dari sebelumnya”, ujarnya.

Paulus juga mengungkapkan bahwa gedung kantor desa merupakan representasi kualitas pelayanan publik. Menurutnya, jangan hanya gedungnya yang megah tetapi pelayanannya juga harus berkelas dan prima.

“Kalau kita amati Gedung kantor Desa Belonsat ini bisa jadi yang termegah di Kabupaten Melawi. Ini merupakan kebanggaan masyarakat desa Belonsat. Semoga dengan gedung baru ini, semangat membangun desa juga semakin menjadi baru dan meningkat dari sebelumnya sehingga pelayanan publik yang dilaksanakan bisa dirasakan secara positif oleh masyarakat,” katanya.

Paulus menuturkan peresmian tersebut membuktikan bahwa desa telah mandiri dan mampu melaksanakan perencanaan dan pembangunan yang baik di desanya sendiri.

“Kami sangat mengapresiasi capaian Desa Belonsat atas PAD nya. Jumlahnya cukup besar dan menjadi modal kuat untuk membangun desa. Semoga ini bisa memotivasi desa lainnya untuk berlomba-lomba berinovasi, membangun desa nya sehingga mampu untuk memberbaiki tampilan kantor desa nya agar lebih baik lagi, sehingga salah satu indikator kepuasan masyarakat melalui sarana dan prasarana yang layak bisa terpenuhi,” katanya.