Melalui Operasi Bina Karuna Kapuas, Polisi Siap Cegah dan Tanggulangi Karhutla

oleh -48 views
Ilustrasi Karhutla

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polres Melawi melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 dalam rangka penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) wilayah Kabupaten Melawi, di halaman Mapolres Melawi, Selasa (8/3) pagi.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, memimpin apel yang diikuti oleh pejabat utama dan anggota Polres Melawi, Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa, TNI, Satpol PP dan instansi terkait lainnya dilingkup Pemkab Melawi.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan, Operasi Bina Karuna Kapuas bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi karhutla di wilayah Kalimantan Barat, termasuk Melawi.

Dia menjelaskan, operasi ini akan melibatkan lima puluh personelnya yang akan melakukan upaya-upaya pencegahan maupun penanggulangan karhutla di wilayah Melawi selama 21 hari ke depan, mulai dari tanggal 9 hingga 30 Maret 2022.

“Tentunya, dalam pelaksanaannya nanti akan didukung oleh pihak-pihak terkait seperti TNI, Manggala Agni, Sat Pol PP, Damkar baik yang dimiliki Pemda maupun swasta serta pleton-pleton siaga api yang dibentuk di desa-desa,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan setiap pihak yang terkibat dapat menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga tujuan operasi yang menginginkan tidak adanya lagi asap selama musim kemarau di Kalimantan Barat itu dapat tercapai.

“Kami juga akan bekerjasama dengan pihak perusahaan kelapa sawit yang ada di Melawi, karena setiap perusahaan perkebunan memang diwajibkan untuk memiliki peralatan penanggulangan karhutla,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Kapolres meminta warga agar tidak lagi membakar lahan, sehingga tak ada lagi asap di Melawi dapat terwujud.