Banjir Berangsur Surut, Sejumlah Wilayah dan Jalan Masih Terendam

oleh -233 views
Kondisi banjir di wilayah Kota Nanga Pinoh berangsur surut

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kondisi banjir di kabupaten Melawi mulai berangsur-angsur surut. Namun, air masih menggenangi sejumlah pemukiman maupun akses jalan Nasional yang menjadi penghubung utama Melawi dengan kabupaten/kota di Kalbar.

Dari pemantauan ketinggian air oleh Polres Melawi dan Polsek jajaran, banjir di dalam kota Nanga Pinoh sudah surut cukup jauh. Di sepanjang jalan dua jalur sekitar Tugu Juang, air sudah mengering hingga ke arah Terminal Bus. Air masih menggenangi dari Terminal Bus hingga arah SPBU Sidomulyo dengan ketinggian rata-rata selutut orang dewasa.

“Kendaraan roda empat yang tinggi sudah bisa melintasi akses jalan Sintang-Pinoh,” ujar Paur Humas Polres Melawi, Bripka Arbain.

Akses jalan yang masih terendam cukup dalam yakni di ruas Desa Pemuar khususnya di bawah Bukit Matok hingga Desa Batu Buil – Batu Nanta. Ketinggian air bervariasi, namun masih belum bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Arbain mengungkapkan saat pantauan oleh anggota yang menggelar patroli pada Kamis (4/11) pagi, ketinggian air masih mencapai kurang lebih 1 meter. Namun air terus surut dan pada Kamis Sore, sejumlah truk sudah mulai melintas dari arah Batu Nanta ke Pemuar.

“Sedangkan dari sejumlah kecamatan, air dilaporkan telah surut, seperti di Menukung, air sudah tak lagi merendam jalan dan pasar,” ungkapnya.

Banjir yang melanda Melawi kurang lebih 5 hari ini juga masih merendam kawasan permukiman di desa-desa yang berada di tepi Sungai Melawi dan Sungai Pinoh dalam kota Nanga Pinoh. Bila hujan tak kembali turun, diperkirakan akses jalan Pinoh-Sintang bisa kembali normal pada Jumat.