Rem Blong, Ambulans Serawai Nyebur ke Sungai Melawi

oleh -937 views
Anggota Polsek Ella menunjukkan lokasi tenggelamnya ambulans milik RS Pratama Serawai di Dermaga Popai Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebuah ambulans milik Rumah Sakit Pratama Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang dilaporkan tenggelam di Sungai Melawi saat akan menyeberang melalui Dermaga Popai, Desa Popai Kecamatan Ella Hilir, Melawi, Rabu (22/9) siang. Ambulans ini nyebur ke sungai saat menunggu ponton penyeberangan.

Kapolsek Ella Hilir, Iptu Widaya menerangkan kronologi terceburnya ambulans Serawai tersebut ke Sungai Melawi. Sekitar pukul 10.30 WIB mobil ambulans milik Rumah sakit Pratama Serawai Kabupaten Sintang tiba di dermaga penyeberangan Popai Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi.

‘Sopir kemudian memarkirkan mobil tersebut di jalan yang menurun untuk menunggu ponton/kapal yang akan menyeberangkan. Bagus sebagai supir mematikan mesin dan Mahrus sebagai penumpang dan juga pegawai Rumah Sakit Pratama Serawai turun dari mobil dan memasang ganjal di ban belakang sebelah kanan menggunakan potongan balok kayu,” terangnya.

Setelah mobil dalam kondisi mati, sopir memasang rem tangan dan hendak turun namun tiba tiba mobil ambulans tersebut meluncur melewati ganjal yang sudah terpasang dan rem tangan tidak berfungsi. Widaya menyampaikan sopir berusaha menekan rem dan sempat memasukkan transmisi dari posisi netral ke gigi satu, namun ambulans tidak bisa berhenti dan tetap meluncur ke sungai.

“setelah upaya yang dilakukan sopir tidak berhasil, yang bersangkutan akhirnya meloncat turun dari mobil ambulans tersebut. mobil ambulans tidak mampu dihentikan dan meluncur ke sungai dan tenggelam,” katanya.

Widaya mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ambulans Serawai ini sendiri membawa 10 tabung oksigen kosong ukuran besar serta satu cool box atau tempat penyimpanan obat injeksi atau vaksin.

“Sampai kini posisi ambulans masih tenggelam di dalam Sungai Melawi. Langkah evakuasi belum dilakukan. Karena posisi ambulans sudah tak terlihat, kemungkinan terseret arus,” jelasnya.