Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas dan Prokes, Polres Melawi Gelar Ops Patuh Kapuas

oleh -68 views
Kapolres Melawi AKBP Sigit EN memimpin apel gelar pasukan Ops Patuh Kapuas 2021 di halaman Mapolres Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Kapuas Tahun 2021 di Lapangan Bhayangkara Mapolres Melawi, Senin (20/9/2021) pagi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana dan Para Pejabat Utama Polres serta Perwira dan Bintara Polres Melawi.

Dalam sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K membacakan amanat Kapolda Kalbar Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M. Si.

“Permasalahan bidang lalu lintas, saat ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Terlebih saat ini dalam kurun waktu 2 tahun ini Negara kita masih dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, sebagai konsekuensi kita harus tetap mempedomani protokol kesehatan. Dengan target Operasi yaitu terciptanya kondisi Kamseltibcarlantas ditengah masa pandemi Covid-19,” bacanya.

Lanjut AKBP Sigit, “Sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Dari keempat poin ini, tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri melainkan sinergitas antar instansi terkait lainnya dalam menemukan akar masalah serta solusi yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak,” tutur Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan kesadaran pengguna jalan raya masih rendah, baik pengendara dan pejalan kaki. “Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting, Hal itu dapat ditunjukkan dari political Will pengguna lalu lintas,” ungkapnya.

Kapolres juga menyampaikan pesan kepada anggotanya agar selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. “Pedomani standar operasional prosedur (SOP), utamakan keselamatan dan keamanan. Dan dalam kegiatan utamakan protokol kesehatan dan tetap jaga kesehatan. Lakukan tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” tuntas AKBP Sigit mengakhiri.

Dalam Operasi Kepolisian Terpusat “Ops Patuh 2021” yang dilaksanakan di seluruh Indonesia ini, Resmi dilaksanakan mulai tanggal 20 September 2021 hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

Penulis : Oktavianus