Bantuan Ambulance dan Oksigen Konsentrator, Ringankan Penanganan Pasien Covid-19

oleh -73 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya UY didampingi Sekda Melawi Paulus, menyerahkan mobil ambulance dan oksigen Konsentrator kepada Kepala Dinkes Melawi dr Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY menyerahkan ambulan bantuan dari Pemprov Kalbar ke Dinkes Melawi, Senin (20/9) di Kantor Bupati.

Dalam kesempatan ini pula, Dadi mendistribusikan konsentrator oksigen ke tujuh unit pelayanan kesehatan mulai dari RSUD hingga Puskesmas.

Dalam penyerahan tersebut, Dadi menerangkan, ambulan dan oksigen yang diserahkan merupakan bantuan dari Pemprov Kalbar, beberapa waktu lalu.

“Kita sampaikan terima kasih atas bantuan pemprov kalbar berupa mobil ambulans sama oksigen konsentrator. Harapannya ambulan dan oksigen bisa membantu upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Melawi,” ujarnya.

Dadi juga mengungkapkan saat ini Melawi telah berada pada zona kuning atau zona risiko rendah. Hal ini ditandai dengan mulai berkurangnya kasus positif Covid-19 .

Ia pun turut mengapresiasi Satgas Covid-19 dan tenaga kesehatan yang memiliki peran penting dalam penanggulangan Covid-19

“Saya juga terus mengingatkan bahwasanya satgas dan masyarakat jangan lengah, dan tetap waspada, tetap patuhi prokes,” pesannya.

Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Jawahir mengatakan, ambulan bantuan Pemprov ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap untuk merujuk pasien Covid-19 dalam kondisi berat. Mengingat terdapat fasilitas ICU termasuk ruangan dengan tekanan udara negatif didalamnya.

“Didalam ambulan ini juga dilengkapi High Flow Nasal Cannula (HFNC) serta berbagai fasilitas lainnya. Nantinya akan digunakan untuk merujuk pasien ke rumah sakit rujukan dari Melawi ke rumah sakit di luar,” jelasnya.

Sementara konsentrat oksigen, tambah Ahmad disalurkan ke RSUD Melawi, RS Pratama Batu Buil, Posko Isolasi Covid-19 di Kenual serta sejumlah puskesmas seperti Sokan, Kotabaru dan Ella Hilir.