Banjir Genangi Sejumlah Desa, Akses Jalan Pinoh-Kotabaru Sempat Lumpuh

oleh -264 views
Banjir di Desa Nanga Pintas Sabtu (11/9) pagi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Banjir melanda sejumlah desa dan kecamatan di wilayah hulu kabupaten Melawi. Sejumlah daerah yang terdampak mulai dari kecamatan Pinoh Selatan hingga Tanah Pinoh Barat.

Hujan deras sepanjang Jumat (10/9) malam hingga Sabtu (11/9) pagi membuat air sungai meluap. Dampaknya beberapa desa yang berada dekat aliran sungai terendam banjir yang membuat aktivitas masyarakat terganggu.

Dari pantauan media sosial, banjir sempat melanda Desa Nanga Pintas Kecamatan Pinoh Selatan, kemudian Desa Mekar Pelita, Meta Bersatu hingga Nanga Kasai di Kecamatan Sayan. Akses jalan Provinsi dari arah Pintas hingga Sayan pun terputus, akibat sejumlah titik jalan dan jembatan terendam banjir.

Kepala SMPN 1 Nanga Pintas, M. Firman mengungkapkan banjir di Nanga Pintas cukup tinggi membuat jalan tak dapat dilalui kendaraan.

“Beberapa rumah juga ada yang sempat terendam, termasuk warung. Cuma informasinya sore air sudah mulai surut,” katanya.

Banjir juga dikabarkan terjadi di kecamatan Sayan. Luapan Sungai Boli membuat desa dan dusun terendam banjir pada Sabtu pagi. Bahkan di wilayah Sayan, kini jembatan yang berada di ruas Jalan Provinsi menuju arah Kotabaru Sokan juga mengalami kerusakan parah akibat banjir tersebut.

Banjir juga melanda wilayah jalur Sungai Pinoh dan Keluas. Akibatnya Pasar Kotabaru di Kecamatan Tanah Pinoh dikabarkan mulai tergenang banjir.