Terobos Banjir, PMI Melawi dan Rumah Zakat Salurkan Sembako ke Warga Korban Banjir

oleh -232 views
Ketua PMI Melawi, Hj. Nurbetty Eka Mulyastri (Astri) bersama relawan dengan menggunakan perahu karet menerobos banjir untuk membagikan paket sembako dan peralatan kebersihan kepada warga terdampak korban banjir

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Satuan Penanganan Bencana (Satgana) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi bekerjasama Rumah Zakat memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (8/9/2021).

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Melawi tiga hari terakhir dilanda banjir. Banjir merendam beberapa pemukiman wilayah desa disejumlah kecamatan dengan ketinggian bervariasi yang mencapai 1-2 meter. Diantaranya Desa Suka Damai Kecamatan Pinoh Utara dan Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh. Kini kondisi banjir berangsur surut.

Pantauan media ini, menggunakan perahu karet dan sambil berenang melintasi pemukiman dengan genangan air yang masih merendam rumah-rumah penduduk, rombongan yang dipimpin Ketua PMI Kabupaten Melawi, Hj. Nurbetty Eka Mulyastri mengecek rumah-rumah warga, menyapa dan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir.

“Hari ini kita bagikan 100 paket sembako dan perlengkapan kebersihan kepada warga yang terdampak banjir di Dusun Nyatang Desa Suka Damai dan di Dusun Kayu Ara Desa Sidomulyo,” kata Ketua PMI Kabupapaten Melawi, Hj. Nurbetty Eka Mulyastri, disela-sela penyaluran bantuan itu.

Hj. Nurbetty Eka Mulyastri, akrab disapa Astri ini, mengatakan, bantuan sembako ini sebagai wujud PMI Kabupaten Melawi dan Rumah Zakat hadir di tengah masyarakat yang sedang terkena musibah.

“Kami akan selalu hadir di tengah masyarakat yang sedang kesusahan. Semoga dengan adanya sembako dan perlengkapan kebersihan ini bisa meringankan beban saudara kita yang terkena musibah banjir,” harapnya.

Dia menjelaskan, PMI mempunyai mandat memberikan bantuan kepada korban bencana, satu di antaranya dengan memberikan bantuan kepada warga korban banjir.

Hal ini menurutnya merupakan solidaritas kemanusiaan yang dicanangkan oleh PMI, untuk membantu sesama.

“PMI tetap memberikan pelayanan dalam setiap situasi baik pandemi Covid-19 atau bencana,” jelasnya.