Dadi Minta Generasi Muda Tak Anti Politik

oleh -43 views
Sosialisasi Budaya Politik Santun dibuka Bupati Melawi, Dadi Sunarya

MELAWINEWS.COM, Melawi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalbar menggelar Sosialisasi Budaya Politik Santun yang diikuti sejumlah pelajar, tenaga pendidik hingga perwakilan organisasi wanita dan pemuda, Rabu (25/8). Dibuka Bupati Melawi, Dadi Sunarya, sosialisasi ini menjadi ajang pendidikan politik bagi generasi muda.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya saat membuka sosialisasi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pendidikan politik untuk generasi muda yang bertindak sebagai pemilih pemula nantinya. Pemkab menyambut baik kegiatan ini karena dapat memberikan pemahaman tentang etika, moral, dan budaya politik sehat dan santun kepada masyarakat luas.

“sehingga masyarakat mengetahui hak dan kewajibannya dalam berpolitik serta menumbuhkembangkan nilai-nilai demokrasi di daerah khususnya di kabupaten Melawi ini,” ujarnya.

Dadi juga mengajak peserta sosialisasi untuk belajar dan mengerti tentang kehidupan berpolitik yang santun dan tercapainya asas demokrasi dalam berpolitik tersebut.

“Melalui sosialisasi ini saya berharap para generasi muda untuk tidak anti terhadap politik karena politik akan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah sepanjang masih berada di koridor etika santun dan cerdas,” harapnya.

Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar, Hermanus turut menjelaskan alasan digelarnya sosialisasi politik santun dan beretika di Melawi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan dan pendidikan politik bagi masyarakat. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti pentingnya politik itu sendiri.

“Tujuannya agar kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dapat terealisasi melalui pendidikan politik sehingga harapannya tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat,” katanya

Hermanus melanjutkan, tugas mensukseskan pesta demokrasi ini tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah maupun penyelenggara pemilu, namun juga bersama masyarakat dan komponen bangsa untuk bersama mengawal dan melaksanakan pesta demokrasi agar bisa berjalan baik untuk memilih pemimpin bangsa dan anggota legislatif yang mewakili rakyat.

“Politik adalah sebuah upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu politik harus diartikan sebagai hal yang baik dan positif,” kata mantan Wakil Bupati Kubu Raya ini.

Sosialisasi ini diisi sejumlah pemateri mulai dari Kesbangpol Provinsi, Akademisi Untan serta Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar, Umi Rifdiyawati.