Tingkatkan Kapasitas, Desa Nanga Ella Hilir Laksanakan Pelatihan KPM

oleh -171 views
Pelatihan KPM Desa Nanga Ella Hilir, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Pemerintah Desa (Pemdes) Nanga Ella Hilir, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, melaksanakan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di aula kantor desa setempat, Rabu (28/7).

Pelatihan dihadiri lansung Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, PLD, PD, Kader KPM Bidan Desa, Mahasiswa KKM STKIP Melawi dan sejumlah undangan lainnya dilingkup Pemdes Nanga Ella Hilir. Sementara pemateri adalah Tenaga Ahli (TA) Kabupaten.

Kepala Desa Nanga Ella Hilir, Budiono, mengungkapkan, pelatihan KPM ini juga di ikuti tiga desa lainnya yang ada di Kecamatan Ella Hilir, yakni Desa Pelempai Jaya, Desa Natai Compa dan Desa Sungai Mentoba.

Budiono menjelaskan, peserta pelatihan KPM merupakan kader yang sebelumnya telah di pilih Pemdes masing-masing melalui musyawarah untuk membantu kegiatan desa terutama pembangunan yang berhubungan dengan pembangunan manusia, seperti upaya penanganan dan pencegahan stunting.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan KPM, dimana mereka ini secara kinerja langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan kerjanya harus lebih memahami untuk memaksimalkan hasil kerja.

Budiono menuturkan, salah satu tugas terpenting KPM adalah upaya penanganan pencegahan stunting. Untuk itu, sejak hamil, maka KPM akan memberikan pemahaman bagi ibu hamil melalui penyuluhan makanan bergizi disetiap kesempatan.

“Menuju Desa Nanga Ella Hilir yang sehat dan bebas stunting, kami mempersiapkan dan menciptakan kader yang unggul dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembangunan manusia di desa, terutama masalah stunting,” ujar Budiono.

Dia menambahkan, KPM mengemban tugas untuk membantu Pemdes dalam memfasilitasi masyarakat desa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia di desa.