Positif Corona Klaster “Perang” Petasan, Bripka Arbain Jalani Isolasi Mandiri Sambil Berkebun

oleh -533 views
Bripka Arbain menjalani isolasi mandiri di kediamannya menyibukkan diri dengan berkebun di pekarangan rumah untuk menjaga ketahanan pangan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sejak keluar hasil swab pada tanggal 24 Mei 2021 yang hasilnya positif terpapar Covid 19, Bripka Arbain menjalankan isolasi mandiri di kediamannya di daerah Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat.

Kemudian, pada tanggal 30 Mei 2021, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan data epidemilogi yang menyatakan bahwa Kabupaten Melawi masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Bain sapaan akrabnya menyampaikan dirinya saat ini sedang menjalani isolasi mandiri, yang terpapar Corona melalui klaster perang petasan idul Fitri 2021 di Jembatan Melawi 1.

Ia mengatakan dirinya terpapar bukan karena tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes), melainkan karena tugas dan tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas pengamanan dan himbauan kepada masyarakat.

“Saya terpapar bukan karena tidak menerapkan Prokes, melainkan karena tugas yang mengharuskan bertemu banyak orang seperti membubarkan kerumunan dan melakukan himbauan kepada masyarakat. Sudah pasti resiko tertular sangat besar,” kata Arbain, kepada media ini melalui pesan WhatsApp, Rabu (2/6/2021).

Dia menuturkan, selama menjalankan tugas dan rekan-rekannya yang lain sudah memenuhi Prokes, akan tetapi masyarakat yang melakukan kerumunan sebagian tidak mematuhi Prokes, kala itu saat membubarkan kerumunan perang petasan di Jembatan Melawi I.

Dia pun mengimbau warga, agar selalu patuhi prokes dan menjauhi kerumunan. Jangan merasa takut berlebihan dan jangan juga merasa kebal terhadap Covid-19 walaupun imun kuat.

“Ketidakjelasan waktu kapan pandemi akan berakhir berpotensi mengganggu ketersediaan, stabilitas, dan akses pangan. Oleh karena itu, menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi salah satu hal yang harus kita lakukan,” pesan Paur Humas Polres Melawi itu.

Dikatakan, saat dirinya menjalani isolasi mandiri dirumah, keberadaan tanaman sayuran dan kolam ikan dipekarangan rumahnya, sangat bermanfaat dan membantu dimasa pemulihan.

“Saya mengajak dan mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan di pekarangan rumahnya agar dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran dan beternak, kalau tidak ada lahan di perkarangan rumah bisa menanam tanaman di dalam pot atau poliback,” imbaunya. (***)