Kesadaran Masih Minim, Indra Harapkan Satgas Covid-19 Desa dan Kecamatan Intens Imbauan dan Razia Prokes

oleh -102 views
Indra

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kasus Positif Covid-19 semakin meluas, tak hanya di wilayah perkotaan, tapi juga di desa-desa. Karenanya penanganan dan penegakan disiplin protokol kesehatan, mesti menjadi perhatian Satgas Covid-19, tak hanya di tingkat kabupaten, tapi juga kecamatan dan desa.

Tokoh Pemuda Melawi, Indra Yamamura menerangkan saat ini kasus positif Covid-19 terus bertambah di Melawi. Laporan kasus juga tak lagi hanya terjadi di ibukota, tapi juga sudah merambah hingga ke desa-desa.

“Karenanya perlu sekarang juga memperketat pengawasan Covid-19 hingga di tingkat kecamatan dan desa. Apalagi memang kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan juga masih kurang,” ujarnya.

Indra memaparkan pasca Idul Fitri, banyak informasi masyarakat yang sakit demam, batuk pilek takut berobat ke puskesmas. Padahal setelah berminggu-minggu sakit, setelah dilakukan swab antigen ternyata hasilnya positif.

“Ini terjadi di keluarga kami sendiri. Karenanya kami berharap Satgas Covid-19 di tingkat desa dan kecamatan bila perlu dilakukan razia masker dan Prokes,” sarannya.

Indra mengatakan,sejumlah langkah tegas perlu diambil agar masyarakat sadar akan mahalnya kesehatan

“Sepertu kata motivator terkenal,Mario Teguh, tiga modal pertama yang harus disiapkan oleh anak muda untuk masa tuanya: 1. Kesehatan, 2. Kesehatan, dan 3. Kesehatan,” katanya.

Indra juga menyinggung minimnya tenaga kesehatan yang khusus menangani pasien Covid-19. Saat ini banyak tenaga kesehatan yang kolaps dan ikut terpapar Covid-19 karena mengurusi begitu banyak pasien Corona.

“Pemkab harus mengambil sikap, untuk mengantisipasi lonjakan kasus dengan menambah nakes di rumah sakit maupun posko ruang isolasi,” sarannya.