Polres Melawi Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Imlek 2572

oleh -4 views
Wakapolres Melawi, Kompol Agus Mulyana, memimpin rakor lintas sektoral di Aula Tri Brata Mapolres Melawi

Sumber : Polres Melawi/Oktavianus

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polres Melawi menggelar rapat koordinasi lintas sektoral (rakor linsek) dengan unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Melawi membahas situasi kamtibmas terkini.

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Pemerintah Daerah, DPRD, Danramil, Kapolsek, Organisasi Masyarakat (Ormas), Tokoh Masyarakat, Toko Agama, Ketua Yayasan, hingga pemilik tempat wisata di lingkup Kabupaten Melawi.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol agus Mulyana, S.E., M.M, Bupati Melawi diwakili Asisten I Setda Melawi Imansyah, Ketua DPRD Kabuapten Melawi Widya Astuti, dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1205/Sintang Mayor (Arh) Eddy Winarno.

Dalam sambutannya, Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana menyampaikan kegiatan rakor linsek sebagai wadah untuk mencari solusi dan menyatukan presepsi terkait situasi kamtibmas di Kabuapten Melawi.

Disampaikan terlebih dahulu oleh Wakapolres penangan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Melawi, Selanjutnya pembatasan kegiatan masyarakat ditengah pandemi meniadakan perayaan yang mengumpulkan banyak orang termasuk Cap Go Meh saat Imlek, perang petasan saat Lebaran dan Gawai Dayak, Namun dikedepankan dalam kegiatan beribadah atau kegiatan keagamaan. Terakhir, masalah PETI.

“Ini sengaja kami undang untuk mendengar masukan dan saran para tokoh masyarakat dan Forkopimda. Mulai dari sosialisasi terkait dampak PETI hingga penindakan sudah kami lakukan. Nah, dengan merangkul semua pihak ini, Kita bisa mencari solusi terbaik untuk kedepannya agar konflik di masyarakat dapat kita cegah dan minimalisir terkait masalah ini,” ungkapnya.

Menurut Wakapolres, dukungan dan kerja sama dari semua elemen masyarakat di Melawi ini sangat diharapkan. Mulai dari memberikan arahan kepada masyarakat yang terlibat PETI, hingga melaporkan kepada pihak kepolisian terkait adanya aktivitas PETI di daerahnya masing-masing. “Kerjasama sangat kami harapkan, agar masalah ini segera kita carikan solusi terbaiknya,” tuturnya.

“Kami melalui para Kapolsek dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas serta bersinergi dengan rekan-rekan TNI akan menggiatkan sosialisasi dan imbauan kepada para penambang emas, Tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan dengan mengedepankan unsur muspika. Diharapkan kegiatan PETI ini secara perlahan dan bertahap dapat berkurang hingga tidak ada. Konflik sesama masyarakat dapat diminimalisir serta lingkungan dapat kita selamatkan,” tuntasnya.

Dilanjutkan, paparan terkait situasi kamtibmas terkini di Wilayah Hukum Polres Melawi oleh Kabag Ops AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P dan kegiatan diisi tanya jawab oleh para peserta Rakor Linsek.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini, mendapatkan sambutan positif dari seluruh tamu undangan yang hadir. Tokoh Masyarakat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Kapolres Melawi dan Jajarannya tersebut, Sebagai langkah mencegah konflik di Masyarakat dan upaya pencegahan serta penegakkan hukum bagi pelaku penambang emas tanpa ijin (PETI) di Melawi.