Jelang Masa Tenang dan Pemungutan Suara, Bawaslu Gelar Apel Patroli Pengawasan

oleh -1 views
Pjs Bupati Melawi bersama jajaran Bawaslu serta Panwascam menyatakan tolak politik uang

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kabupaten Melawi menjadi tuan rumah pelaksanaan apel siaga patroli pengawasan politik uang dalam Pilkada Serentak di Kalbar, Selasa (1/12).

Apel yang turut dihadiri perwakilan Bawaslu Kabupaten di Kalbar yang menyelenggarakan Pilkada Serentak.
Ketua Bawaslu Melawi, Johani mengatakan Apel Siaga Pengawasan digelar sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran Bawaslu di seluruh tingkatan untuk mengawasi tahapan Pilkada 2020.

Apel digelar dengan Melawi sebagai tuan rumah. Lima perwakilan Bawaslu Kabupaten juga hadir bersama. Hanya Ketapang yang berhalangan hadir karena jarak tempuh yang jauh. Apel turut dihadiri jajaran Bawaslu Provinsi Kalbar yang hadir langsung maupun dengan menggunakan daring.

“Jajaran kami siap mengawal dan mensukseskan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar, Faisal Riza mengatakan patroli pengawasan harus dilakukan secara berjenjang melibatkan Pengawas TPS, PKD dan panwaslu kecamatan. Targetnya agar minim pelanggaran.

“Tugas Bawaslu memastikan kualitas Pilkada tetap demokratis dan berintegritas.Potensi pelanggaran harus diperkecil. Kuatkan tekad Bawaslu melakukan patroli saat masa tenang dan pemungutan suara,” ujarnya.

Faisal mengatakan, alasan apel digelar di Melawi karena Bawaslu Melawi dinilai siap, termasuk menghadirkan panwaslu kecamatan. Apel ini menjadi bentuk kesiapan Bawaslu untuk menggelar patroli pengawasan untuk memperkecil ruang gerak pelanggaran.

Sementara itu, Pjs Bupati Melawi, Linda Purnama dalam sambutannya mengajak seluruh pihak bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan Pilkada yang sukses, aman, damai dan kondusif serta aman dari penyebaran Covid-19.

“Untuk mengawal penyelenggaraan pilkada yang aman sukses damai, peran Bawaslu dan jajaran sangat penting dan strategis untuk mengawal dan memastikan aman atau tidaknya penyelenggara pilkada,” ujarnya

Masyarakat dan Pemkab, kata Linda berharap Bawaslu dapat memerankan peran strategis sesuai amanah konstitusi dan berperan mengawal penyelenggaraan pemilu dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap seluruh masyarakat Bawaslu dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai amanah konstitusi,” ujarnya.

Dalam apel tersebut, Ketua Bawaslu RI, Abhan juga turut memberikan arahan agar jajaran Bawaslu mengawasi dan mempersempit ruang pada Paslon maupun masyarakat melakukan politik uang.