Bukit Matok Kembali Longsor, Akses Jalan Sintang-Pinoh Putus

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Bukit Matok yang berada di Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing kembali mengalami longsor usai hujan deras yang terjadi pada Senin (23/11) dini hari. Dampaknya ruas jalan Sintang-Pinoh terputus akibat tertutup material longsor.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, longsor terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Longsor terjadi di satu titik saja, namun menutupi seluruh bagian jalan aspal.

“Kejadiannya Senin dini hari. Dari laporan Koramil Pemuar, longsor terjadi di salah satu titik di bawah kaki bukit Matok,” ujar kepala BPBD Melawi, Syafarudin.

Masyarakat pun yang akan menuju Kota Nanga Pinoh dari arah Batu Buil maupun sebaliknya saat ini belum dapat melintas. Beberapa diantaranya masih menunggu hingga akses jalan terbuka penuh.

Longsor di Bukit Matok memang kerap kali terjadi. Pada 2019 lalu, longsor parah terjadi juga di lebih dari lima titik di Bukit Matok yang menyebabkan ruas jalan Sintang-Pinoh terputus hingga beberapa jam.

Bukit ini kerap longsor karena aktivitas galian batu yang terjadi beberapa tahun. Namun sejak hampir setahun ini, aktivitas tersebut telah berhenti.