Hari Listrik Nasional, Empat Desa di Melawi Nikmati Listrik 24 Jam

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Empat desa di kecamatan Nanga Pinoh dan Pinoh Utara akhirnya bisa merasakan listrik PLN 24 jam tepat dalam peringatan Hari Listrik Nasional. Hal ini seiring dengan diresmikannya penyalaan dan pengoperasian listrik desa 24 jam oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Melawi, Linda Purnama, Selasa (27/10) di Desa Nanga Kayan.

Empat desa yang merasakan listrik dari jaringan PLN yakni Desa Nanga Kayan Kecamatan Nanga Pinoh, Serta Desa Melamut, Tengkajau dan Desa Sukadamai, Kecamatan Pinoh Utara.

Kepala ULP PLN Nanga Pinoh, Ibnu Rajiman mengungkapkan PLN telah membangun jaringan sepanjang 25,7 KMS (Kilometer Sirkuit) untuk menerangi empat desa ini. Pembangunan jaringan ini sendiri sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

“Memang cukup panjang dan rumit untuk mewujudkannya, namun berkat dukungan dari berbagai komponen masyarakat akhirnya Listrik Desa (Lisdes) bisa direalisasikan,” ujarnya.

Dilanjutkan Ibnu, secara umum baru 55 persen penerangan listrik yang menggunakan jaringan PLN. Sisanya adalah listrik mandiri oleh masyarakat baik menggunakan genset atau energi alternatif lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah Melawi sehingga penyalaan listrik 24 jam di empat desa ini bisa terwujud,” katanya.

Sementara itu, Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama yakin pertumbuhan ekonomi dan perkembangan wilayah di Kabupaten Melawi akan semakin baik. Aktivitas ekonomi masyarakat pun akan bergerak semakin baik dan produktif dengan adanya aliran listrik 24 jam.

Dia mengatakan, hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Melawi dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni penerangan.

“Pada hari ini saya sangat bahagia dan bersyukur karena kita dapat mewujudkan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yakni penerangan. Ini merupakan rencana jangka panjang Pemerintah dalam rangka memenuhi seluruh kebutuhan dasar masyarakat Melawi yang belum terlayani penerangan,” katanya.

Linda juga berharap dengan adanya aliran listrik ini dapat meningkatkan produktivitas warga. Listrik bukan hanya memberikan penerangan tetapi listrik juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Nanga Kayan serta Desa Sukadamai dan sekitarnya untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

“Bagi yang memiliki usaha di rumah, dengan adanya aliran listrik 24 jam ini akan menghidupkan usaha-usahanya. Namun yang terpenting dari itu, aktivitas belajar anak kita tidak akan terganggu. Anak-anak kita bisa belajar siang dan malam. Dengan demikian, sumber daya manusia kita kedepannya akan semakin baik lagi,” jelas dia.

Pjs. Bupati Melawi juga berpesan kepada masyarakat sekitar agar bersama-sama memanfaatkan aliran listrik dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap bapak dan ibu semua bisa memanfaatkannya dengan baik, menjaga dan merawat fasilitas ini agar selalu berfungsi dengan aman dan baik,” ujar dia.

Pada kesempatan tersebut juga, Linda mengungkapkan akan terus mendorong percepatan pembangunan kelistrikan di Kabupaten Melawi, sehingga seluruh daerah bisa merasakan listrik 24 jam penuh untuk pembangunan daerah.

Pjs. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada PLN ULP Nanga Pinoh atas kerjasamanya dalam membangun listrik perdesaan sehingga masyarakat Nanga Kayan, Melamut, Tengkajau, Sukadamai dan sekitarnya dapat merasakan manfaat aliran listrik.