Ribuan Rumah di Ella Direndam Banjir

oleh
Banjir di kecamatan Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, Melawi – Hingga Senin (14/9) banjir masih terus terjadi di berbagai titik. Di Kecamatan Ella Hilir, banjir bahkan dilaporkan telah merendam ribuan rumah di delapan desa.

Camat Ella Hilir, Syaripudin, Senin pagi mengungkapkan, banjir yang terjadi pada Minggu (13/9) kemarin membuat satu jembatan gantung di Desa Nanga Jalan putus. Jembatan ini sendiri sudah berdiri sejak Melawi masih tergabung dengan Sintang.

“Karena air Sungai Ella dan air Sungai Kalan di kecamatan Ella Hilir ditambah air Sungai Melawi juga naik tinggi, maka banjir kedua kali ini selain telah merusak jembatan gantung di desa nanga kalan dan menenggelamkan jalan kabupaten melawi nanga pinoh-ella,” ujarnya.

Camat juga melaporkan bahwa banjir turut menenggelamkan delapan desa di kecamatan Ella Hilir yakni desa Kalan, desa nanga ella hilir, desa pelempai jaya, desa lengkong nyadom, desa popai, desa domet permai, desa nanga nuak dan desa sungai mentoba.

” Jumlah masyarakat yang terdampak banjir dari 8 desa tersebut adalah 1.577 KK, jumlah rumah 1.395 rumah, jumlah fasilitas umum 35 buaj , jumlah jiwa 5,406, jumlah dusun 25,” paparnya.

Syaripudin berharap semoga banjir ini segera turun, dan menjadi pengalaman agar kita mencintai lingkungan bukan merusak lingkungan.

“serta segera ada perhatian dari pemerintah terutama pemerintah kabupaten melawi terhadap perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan yang rusak serta bantuan dari berbagai pihak untuk meringankan korban banjir tersebut,” harapnya.